Keberadaan kolam renang yang saat ini mudah sekali ditemui menandakan bahwa sekarang kolam renang bukan lagi termasuk fasilitas mewah yang hanya dinikmati orang tertentu. Orang juga sudah banyak untuk membuat kolam renang baik untuk kalangan sendiri maupun disewakan.

Akan tetapi tahukah kita bahwa kolam renang bukan hanya tentang kesegaran air dan cara berenang saja. Melainkan lebih dari itu bahwa kolam renang yang baik harus memenuhi ukuran serta desain peruntukan kolam renang tersebut.

Walaupun kita bukan konsultan kolam renang,tetapi kita juga perlu untuk mengetahui ukuran kolam renang agar pengetahuan kita bertambah. Untuk menentukan berapa ukuran kolam renang kita juga harus tahu terlebih dahulu mengenai tujuan pembuatan kolam  renang.

Hal ini juga perlu dikonsultasikan dengan pihak yang akan mengerjakan pembangunan kolam renang. Tujuannya supaya pengguna kolam renang nantinya bisa merasa nyaman dan aman.

Berikut ini beberapa ukuran kolam renang yang direkomendasikan.

Kolam Renang Untuk Olimpiade / Untuk Kompetisi Internasional

Dalam beberapa kesempatan pasti kita akan memperhatikan mengenai ukuran dan desain kolam renang untuk digunakan pada suatu perlombaan internasional. Kolam renang untuk tujuan seperti ini sangat berbeda dengan kolam renang untuk pribadi.

Jika dilihat secara sepintas saja, kolam renang untuk perlombaan ini dirancang sedemikian rupa sehingga bisa membuat nyaman para atlet yang akan berlaga. Selain itu untuk desainnya juga cukup kompleks dan detail.

Lalu berapakah ukuran kolam renang yang digunakan sebagai perlombaan internasional? Menurut FINA ( Federasi Renang Internasional ) ukurannya sebagai berikut :panjang kolam 50 m, lebar kolam 25 m,  lebar lintasan 2,5 m, jumlah lintasan 8, temperature/suku air 25-28 derajat, serta mempunyai kedalaman air 1,35-2 m. Kedalaman air 1,35 m ini penghitungannya dimulai dari jarak 1 meter pertama sampai dengan 6 meter dari balok start.

Sekali lagi ukuran kolam renang tersebut dibuat dengan standar FINA ( Federasi Renang Indonesia) yang banyak digunakan.

Sedangkan dengan kolam renang yang luas itu pencahayaannya menggunakan lampu sebesar 1500 lumen atau tidak kurang dari  600 lux.

Untuk kolam renang yang digunakan sebagai kompetisi nasional kurang lebih mempunyai  ukuran yang sama dengan ukuran kolam renang untuk kompetisi internasional.

Kolam Renang Untuk Pribadi

Untuk kolam renang pribadi tidak ada aturan yang berlaku untuk menetapkan ukuran. Karena digunakan untuk kepentingan pribadi, maka kolam renang ini ukurannya menyesuaikan dengan lahan yang tersedia.

Namun apabila mempunyai lahan yang cukup luas dan ingin memberikan kenyamanan pada saat memakainya maka disarankan ukuran kolam renangnya 3 x 7 m. Kolam renang ukuran ini bisa dibuat diatas lahan 4 x 8 m.

Sedangkan rekomendasi lain untuk ukuran kolam renang pribadi adakah 3 x 8 m, 3,5 x 10 m, 4 x 10 m dan 5 x 12 m. Ukuran kolam tersebut biasanya digunakan untuk kolam  renang yang outdoor. Lalu untuk kolam renang yang digunakan indoor.ukurannya Menyesuaikan dengan raket.

Rekomendasi diatas hanya berdasarkan kenyamanan keluarga saja. Sedangkan untuk kedalaman kolam renang sebaiknya dsi keputusan keluarga dengan tetap memperhitungkan keamanan bagi penggunanya.

Memang mempunya kolam renang luas mempunyai kesenangan tersendiri karena kita bebas menggunakannya. Akan tetapi jika lahan terbatas maka kolam renang yang dibuat yang terpenting bisa bermain air dengan keluarga sekaligus berendam.

Jika kita menginginkan kolam renang renang ada di rumah kita maka kita bisa konsultasi dengan kontraktor kolam renang. Usahakan memilih kontraktor yang sudah berpengalaman. Ini dikarenakan kolam renang akan memerlukan maintenance yang tidak gampang.

Selain itu jika ingin ditambahkan perosotan kolam renang, kamu juga harus mencari toko jual perosotan kolam renang yang terpercaya. Agar perosotan yang dibeli memiliki kualitas terbaik dan awet digunakan.

Kolam Renang Umum / Komersial

Untuk kolam renang umum juga tidak mempunyai ukuran uang baki sama halnya dengan kolam renang pribadi. Kolam renang ini direkomendasikan berdiri diatas luas lahan 25 m2. Lagan tersebut tidak hanya digunakan untuk membangun satu buah kolam renang saja. Tetapi bisa membuat lebih dari satu kolam renang. Hal ini bisa disesuaikan dengan sasaran calon pembeli.

Hal yang paling diperhatikan dalam membuat kolam renang umum ini adalah bisa memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penggunanya. Ini dikarenakan kolam renang tidak hanya dipakai sendiri tetapi tujuannya sudah dikomersialkan. Selain itu keamanan juga digunakan agar bisa mendapatkan kepercayaan yang lebih banyak dari para pengguna.

Jadi jika kami ingin membuat kolam renang untuk umum maka perhatikan target marketnya. Jadi kolam renang ini dibuat untuk anak-anak dan dewasa. Jangan lupa untuk melihat ukuran dan tinggi badan dari target market.

Sedangkan untuk kolam renang umum juga harus terlihat aman dengan memperhatikan keamanan di pengunjung.

Dan tips lain sebelum membangun kolam renang adalah mencari kontraktor yang cocok. Disamping itu juga berpengalaman dalam membuat kolam renang.

Hal ini dikarenakan kolam renang tidak hanya divuatvsmaaoi jadi, akan tetapi berikutnya bertambah dengan melakukan perawatan yang benar. Jadi kontraktor dibutuhkan dalam kita menetapkan sebuah perencanaan hingga perawatan.

Itulah beberapa ukuran yang digunakan sebelum membangun kolam renang. Buatlah kolam renang terasa nyaman dan aman saat digunakan. Ini dikarenakan kolamremgan visa menjadi investasi kesehataan jangka panjang bagi kita. Semoga ulasan mengenai ukurab kolam renang bisa bermanfaat bagi kita semua.

Rekomendasi Ukuran Kolam Renang Olimpiade, Pribadi dan Komersial
Scroll to top