Tips Memilih Bibit Mangga Kualitas Terbaik

Mangga merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Kebanyakan menanam sekedar untuk mengisi halaman depan rumah yang kosong ataupun ditanam secara khusus oleh petani mangga di kebun mereka. Apapun itu, pemilihan bibit mangga yang tepat akan mempengaruhi hasilnya di masa depan.

Pilihlah bibit mangga yang berkualitas. Karena hal ini yang akan menentukan kualitas mangga kedepannya. Sebaliknya jika kita memilih bibit mangga yang tidak berkualitas, maka hasilnya pun kurang bagus.

Cara Memilih Bibit Mangga Kualitas Terbaik

Lalu bagaimana ciri-ciri mangga yang berkualitas? Mungkin bagi para petani mangga pemilihan bibit mangga bukan sesuatu yang sulit. Tetapi bagi kita yang awam mengenai bibit mangga, tentu hal itu akan sulit. Tetapi jangan khawatir, kami akan berikan beberapa tips cara memilih bibit mangga yang berkualitas :

  1.       Cabang primer dari bibit yang bagus itu pertumbuhannya yang merata pada tiap sudutnya.
  2.       Perhatikan batangnya, batang bibit mangga yang bagus yaitu lurus dan kokoh. Batang harus kelihatan bersih dan tidak ada cacat.
  3.       Ukuran batang bibit mangga juga diperhatikan, antara batang bawah dan batang atas harus sepadan.
  4.       Keseimbangan ukuran batang bibit mangga diperlukan karena memberi pengaruh bagus atau tidaknya bibit mangga.
  5.       Bibit mangga tidak boleh tumpang tindih yang akan ditanam
  6.       Daun yang bagus pada bibit mangga haruslah mempunyai susunan daun yang mulus. Daunnya terlihat rimbun dan mempunyai warna hijau yang cemerlang.

Catatan Saat Memilih Bibit Mangga

Selanjutnya kapan memilih bibit mangga yang bagus?  Faktor usia dalam pemilihan bibit mangga sangatlah penting. Bibit yang belum siap dipindahkan, akan berakibat pada tanaman menjadi stres. Selanjutnya bibit yang stress akan mengakibatkan kematian pada tanaman. Sebaiknya pilihlah bibit mangga yang sudah berusia diatas satu tahun. Untuk usia dibawah satu tahun, kurang bagus apabila dipindahkan ketempat lain. Usia optional untuk pemilihan bibit mangga adalah 3-4 tahun.

Untuk dapat memiliki bibit mangga sebaiknya belilah di toko pertanian terdekat. Selain bisa berkonsultasi,kita juga sekalian bisa membeli pupuk untuk perawatan bibit.

Demikianlah cara mendapatkan bibit mangga yang baik. Semoga bermanfaat.