Taman merupakan areal yang ditanami dengan berbagai tanaman kecil dan aneka jenis bunga. Keberadaan taman di rumah menjadi daya tarik tersendiri, selain itu bisa memberikan asupan oksigen bagi lingkungan.

Tidak perlu taman yang terlalu besar dan megah. Kamu bisa memanfaatkan konsep minimalis dalam membuat taman di rumah kamu. Artikel ini akan membahas mengenai serba serbi taman bunga minimalis yang dikutip dari https://www.dijabodetabek.id/.

Taman Bunga Minimalis

Pixabay.com

Memiliki taman di rumah bisa memberi nuansa alami bagi rumah kamu. Rumah kamu akan semakin asri dan kamu bisa memperoleh kesejukan dan pemandangan yang indah dari taman kamu. Kamu tetap bisa membua taman di rumah walaupun lahan yang tersedia tidak besar.

Apabila kamu mengatur penataan dan desain yang tepat untuk taman, kamu tetap bisa membuat taman seluas atau sesempit apapun lahan yang tersedia di rumah. Keberadaan taman memiliki manfaat dan fungsi.

Manfaat dan fungsi taman

1. Fungsi ekologi

Keberadaan tanaman hijau dan bunga-bunga di taman bisa menyerap kadar karbon dioksida (CO2). Adanya taman juga bisa sebagai penyuplai oksigen di udara, walaupun kadarnya tidak banyak, namun setidaknya kamu telah berkontribusi dalam memberikan asupan oksigen bagi sekitar.

Taman juga berfungsi sebagai tempat resapan air. Selain itu, keberadaan taman juga berfungsi untuk menciptakan keteduhan di rumah dan menambah kesejukan udara di rumah.

2. Fungsi estetika

Taman yang ditanami bunga-bunga beraneka warna bisa memberikan keindahan untuk rumah kamu. Taman yang memiliki penataan tanaman dengan tepian taman yang didesain sedemikian rupa juga meningkatkan nilai estetika bagi hunian kamu.

3. Sebagai ruang terbuka hijau

Taman juga memiliki fungsi untuk tempat berkumpul dan bermain sehingga tidak terlalu banyak menghabiskan waktu di depan televise atau gadget. Walaupun kamu memiliki taman minimalis, kamu bisa menambahkan kursi kecil di taman.

Apabila kamu memiliki lahan yang terbatas di area rumah, namun kamu ingin memiliki taman, kamu tetap bisa membuat taman bunga minimalis di rumah kamu. Berikut ini ada beberapa tips dalam membuat taman bunga minimalis.

Tips membuat taman bunga minimalis

Pixabay.com

1. Memanfaatkan area balkon

Kamu bisa menggunakan area balkon di lantai dua atau lantai tiga rumah kamu untuk dijadikan taman. Taman di area balkon bisa menggunakan pot-pot cantik atau tanaman dengan pot gantung. Hal ini agar area balkon tidak kosong dan menjadi lebih indah dengan adanya taman tersebut.

2. Taman di samping rumah

Apabila kamu memiliki sisa-sisa space kosong kamu bisa memanfaatkannya untuk dijadikan taman. Salah satunya space kosong yang berada di samping rumah. Space kecil yang samping dapur atau samping kamar tidur bisa kamu manfaatkan.

Konsep minimalis harus bisa memanfaatkan sisa space yang tersedia. Mengubah space kosong tersebut menjadi taman bisa menambah keindahan dan kesejukan di rumah kamu.

3. Konsep area rumput terbuka

Area rumput terbuka bisa membuat taman yang sempit tampak lebih luas dan lega. Kamu harus menempatkan rumput teki atau rumput gajah tanpa tumbuhan apapun di tengah taman. Adanya area rumput ini bisa menjadi titik fokus untuk membuat taman menjadi lebih lapang.

Kamu bisa menambahkan tumbuhan lain di sekitar area rumput untuk memberikan variasi tanaman. Kamu juga bisa menanam bungan beraneka warna agar taman kamu menjadi penuh warna.

4. Membuat pot semen minimalis

Penggunaan pot semen minimalis untuk menanam tanaman bisa menjadi solusi bagi kamu yang tidak suka metode penanaman tanaman langsung di tanah halaman karena akan memberikan kesan berantakan dan mempersempi ruang.

Pot semen minimalis bisa dibuat untuk menyesuaikan bentuk ruang yang tersedia. Hal ini membuat taman menjadi lebih ringkas.

5. Memadukan kerikil dan bebatuan

Penempatan tanaman yang berlebihan di taman bisa memberikan kesan taman yang berantakan. Kamu harus bisa mengatur komposisi taman agar sesuai dengan lahan yang tersedia. Agar taman tidak terlihat monoton, kamu bisa memadukan tanaman dengan bebatuan dan kerikil yang disusun rapi.

Agar taman semakin cantik, kamu bisa member warna pada kerikil tersebut. Taman kamu akan terlihat lebih rapi dan tidak terlalu penuh.

6. Taman vertikal

Apabila sisa lahan kosong di rumah kamu benar-benar sudah tidak tersedia, kamu bisa memanfaatkan lahan vertikal untuk menjadi taman. Ya, ide taman vertikal dengan efisiensi ruang maksimal. Taman vertikal ini tidak kalah cantik dari taman biasa.

Kamu bisa menanam tanaman merambat di dinding kosong. Kamu bisa menambahkan hiasan taman kamu dengan ide-ide yang anti mainstream. Misalnya dengan menempatkan sofa vertikl yang menempel di dinding.

7. Taman minimalis di sudut teras

Keberadaan sudut di teras rumah kamu bisa disulap menjadi taman kecil yang indah. Kamu bisa mengusung tema minimalis untuk membuat taman tersebut. kamu bisa menanaminya dengan bunga-bunga indah dan tanaman dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Keberadaan taman di sudut rumah ini, walaupun kecil tetap bisa memberikan kesegaran dan keindahan tampilan rumah kamu.

Itulah beberapa ide yang bisa kamu terapkan untuk membuat taman bunga minimalis di rumah. Keberadaan taman bisa menjadi nilai plus bagi rumah kamu. Selamat mencoba.

Taman Bunga Minimalis
Scroll to top