Selain diterapkan pada rumah pribadi, tipe minimalis juga tepat jika diterapkan untuk rumah kost-kosan. Struktur rumah kos sendiri ialah deretan rumah-rumah kecil yang saling menyatu dan biasanya memiliki bentuk yang sama. Apabila anda memiliki rencana membangun rumah kos, maka anda perlu mengetahui apa saja keuntungan yang nanti akan didapatkan.

Banyak alasan mengapa seseorang membangun rumah kos, diantaranya untuk memanfaatkan lahan yang tersedia, sengaja memulai usaha bonafit untuk jangka panjang, memiliki latar belakang pendidikan arsitektur / marketing, dan lain sebagainya. Yang penting, rumah kos minimalis akan memberikan keuntungan ekstra bagi pemiliknya bahkan hingga 7 turunan.

Kelebihan memiliki rumah kost minimalis

Pixabay.com

Biasanya jika mendengar kata kos-kosan, orang akan memahaminya dengan kamar kos. Jadi jasa penyewaan yang hanya menyediakan sebuah kamar. Namun yang kita bahas disini bukanlah itu, melainkan rumah kos / jasa sewa  untuk satu rumah minimalis, sistemnya lebih mirip kontrakan.

Baiklah, satu paragraf diatas ialah pengantar singkat, selanjutnya kita akan langsung membahas mengenai keuntungan-keuntungan membangun rumah kos minimalis:

  1. Modal pembangunan lebih murah

Sebagaimana namanya, rumah minimalis memiliki bentuk lebih kecil dibandingkan model hunian jenis lain. Model demikian tentu sangat menguntungkan anda sebab anggaran pembelian material bangunan menjadi lebih ekonomis. Tak hanya itu, biaya tukang menjadi lebih ringan dan waktu penyelesaian juga lebih cepat.

Pada umumnya, kendala seseorang dalam merintis usaha ialah modal yang kurang memadai atau kurangnya pengertian terkait beberapa tren teknologi baru yang lebih efisien dan mudah dilakukan. Rumah kost tipe minimalis merupakan salah satu terobosan yang dapat menjadi solusi membangun usaha kos-kosan dengan harga ekonomis.

  1. hemat tempat

Rumah kos minimalis memungkinkan anda untuk memanfaatkan lahan seefisien mungkin. Semakin banyak jumlah rumah, maka semakin banyak penyewa yang akan menempati. Setelah itu, anda tinggal ongkang-ongkang kaki karena jumlah pendapatan rutin setiap bulan akan maksimal dan jumlah modal akan segera tergantikan.

Barangkali, perhitungan demikian pula yang membuat banyak pemilik rumah kos melakukan renovasi berkala untuk merubah fasilitas sewa rumah kos mereka menjadi rumah dengan desain minimalis.

  1. mudah dibersihkan

Jika tiap-tiap ruangannya kecil, tentu membersihkan nya menjadi lebih cepat dan mudah, bukan?

Beberapa kos memiliki tukang kebersihan sendiri yang disiapkan oleh pemilik kos. Cara ini menjadi salah satu strategi penyewa untuk memanjakan para anak kos agar mereka betah dan merasa nyaman. Teknik pemasaran semacam ini juga akan lebih mudah anda terapkan apabila rumah kos tersebut berdesain minimalis dan memudahkan petugas kebersihan.

  1. berbagai kalangan suka kost yang simple

Kelebihan kos rumah minimalis selanjutnya ialah fakta bahwa secara psikologis setiap orang cenderung mencari tempat tinggal sementara yang simple namun tetap nyaman ditempati. Salah satu gambaran dari tempat tinggal yang bisa disebut  simple yakni tidak dipenuhi ornamen terlalu banyak atau perabotan yang berlebihan sehingga ruangan menjadi semakin sempit.

Tak hanya itu, interior serta eksterior kos juga harus dipertimbangkan, misalnya pemilihan warna dinding, tampilan teras, corak keramik, atap, sistem keamanan dan lain sebagainya. Elemen-elemen tersebut terbukti sangat mempengaruhi kenyamanan calon penghuni.

  1. menarik calon peminat

Perlu diketahui, konsep minimalis merupakan suatu tren dan tidak menandakan bahwa setiap orang yang membangun / memilih tempat tinggal dengan model ini sedang tidak mempunyai uang atau lahan luas. Banyak orang memilih tema minimalis karena menganggapnya lebih sesuai dengan kebutuhan, kegiatan dan kebiasaan sehari-hari mereka.

Demikian juga dengan rumah kos minimalis. Jika ditelusuri, seseorang yang ingin nge-kos tentu karena mereka mempunyai kegiatan penting di tempat yang jauh dari rumah. konsep hunian minimalis secara tidak langsung, sesungguhnya memfasilitasi mereka yang mempunyai kesibukan demikian.

Jadi, anda tak perlu ragu membuat konsep rumah kos minimalis, karena itu merupakan pilihan yang akan sangat menarik bagi para calon peminat potensial.

  1. mudah direnovasi

Karena rumah kos diibaratkan sebagai barang dagangan, maka kewajiban penjual adalah memastikan barang tersebut selalu nampak cantik. Tak berbeda pula dengan rumah. Tak bisa dipungkiri bahwa seiring berjalannya waktu, cat dinding pasti akan memudar, genteng bisa bocor, pintu ingin diganti, atau masalah-masalah seputar bangunan lainnya. Dengan kos minimalis, proses perbaikan dapat dilakukan dengan mudah karena tidak perlu membongkar banyak hal.

Demikian juga apabila anda berminat mengganti nuansa rumah kos minimalis sesuai dengan corak terbaru, kebutuhan perkakas dan material tentu dapat diminimalisasi.

  1. nilai sewa tinggi

Pixabay.com

Mengapa rumah kos minimalis dikatakan memiliki harga sewa tinggi?

Alasannya karena hunian minimalis memiliki kesan mahal dan elegan. Apalagi jika dilengkapi dengan penataan warna dan kombinasi-kombinasi yang tepat. Inilah yang membuat anda dapat mematok harga elite bagi hunian jenis ini.

Banyak orang mengatakan bahwa bisnis properti hampir tidak akan rugi, bahkan semakin lama akan kian mahal. Hal ini disebabkan harga tanah terus meningkat, sedangkan kebutuhan rumah juga terus bertambah. Perhitungan inilah yang membuat kemungkinan rumah kos akan terus dicari hingga beberapa tahun ke depan.

Rumah kost minimalis
Scroll to top