Pisang pasir merupakan bentuk inovasi dari olahan pisang goreng. Memiliki kekhasan dalam permukaannya yang menyerupai pasir. Ini sekaligus menjelaskan bahwa camilan ini memiliki tekstur yang renyah.

Pisang goreng pasir ini dibuat layaknya ketika Anda menggoreng pisang pada umumnya. Hanya saja, ada penambahan bahan yang menjadikannya hasilnya berbeda. Yakni terlihat bahwa ada semacam pasir yang menempel pada permukaan pisang tersebut.

Penampakan pasir ini didapatkan dari tepung roti. Tepung ini diaduk bersamaan dengan tepung dan sejumlah bahan. Yakni dijadikan sebagai bahan untuk melapisi pisang.

Dalam proses penggorengannya, pisang dikupas terlebih dahulu. Setelah itu, pisang dicelupkan ke dalam adonan yang terbuat dari campuran tepung roti.

Jika sudah dibaluri dengan adonan, pisang tinggal digoreng di dalam wajan berisi minyak. Penggunaan minyaknya harus banyak. Yang paling penting bisa merendam pisang tersebut.

Fungsinya agar proses penggorengan akan sempurna. Yakni, pisang akan berwarna kecokelatan secara merata.

Ketika sudah mulai kecokelatan, Anda bisa mengangkatnya dan meniriskannya di atas wadah. Untuk menikmatinya, sajikan bersama kopi ataupun teh hangat.

Pisang Pasir, Sajian Gurih Bertekstur Renyah
Scroll to top