Bayi baru lahir sering mengalami perut kembung. Hal ini sangat wajar mengingat ada banyak hal yang menyebabkan perut kembung tersebut.  Keadaan perut yang kembung mampu membuat bayi rewel dan sering menangis. Perut kembung tersebut bisa di atasi dengan beberapa cara yang mudah dan bisa dilakukan sendiri. Berikut ini ada beberapa penyebab dan cara untuk mengatasi masalah perut kembung pada bayi yang baru lahir.

Penyebab perut bayi kembung adalah makanan yang dikonsumsi ibu menyusui. Ketika masih menyusui pola makan si ibu juga mampu mempengaruhi keadaan si anak. Bisa saja anak kembung karena pengaruh makanan yang dimakan si ibu. Penyebab lainnya adalah makanan yang dimakan bayi. Bayi baru lahir memiliki sistem pencernaan yang belum sempurna. Bayi baru lahir hanya membutuhkan ASI hingga usia 6 bulan. Bisa jadi perut kembung tersebut disebabkan makanan yang diberikan kepada si kecil.

Penyebab lainnya adalah pemberian makanan pada bayi yang telah MPASI. Pemilihan makanan untuk MPASI sangat penting terutama untuk mengatasi masalah perut kembung. Perut kembung pada bayi juga bisa disebabkan karena penggunaan dot. Itulah penyebab yang bisa membuat seorang bayi menjadi kembung.

Perut kembung pada bayi bisa diatasi dengan cara memposisikan bayi tidur terlentang. Lalu angkat kaki bayi seperti naik sepeda. Cara lainnya adalah pijat bagian perut bayi dengan cara perlahan dengan begitu angin di dalam perut akan berkurang. Jika bayi masih aktif menyusu maka posisi menyusui harus benar. Jika posisi menyusui benar maka yang akan masuk adalah ASI bukan udara sehingga perut bayi tidak kembung.

Cara lain mengatasi perut kembung adalah memberikan ASI kepada bayi ketika lapar. Perut kembung bayi akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Akan lebih baik memberikan ASI ketika si kecil lapar saja. Itulah penyebab perut kembung dan cara mengatasinya. Perut kembung bukanlah masalah serius untuk si kecil namun dengan keadaan seperti itu mampu membuat si kecil tidak nyaman dan lebih rewel.

Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Saat Baru Lahir
Scroll to top