Sate kambing adalah menu makanan wajib yang selalu tersedia saat musim lebaran kurban. Namun, beberapa orang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi sate kambing, apakah benar? Mari simak fakta tentang bahaya sate kambing bagi ibu hamil.

Bahaya Sate Kambing bagi Ibu Hamil

Pada dasarnya, daging kambing merupakan sumber protein, kaya akan zat besi, tinggi kandungan zinc, kaya vitamin B12, dan mengandung tembaga. Namun, sate kambing juga bisa berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut beberapa risikonya.

  • Daging yang belum matang bisa menyebabkan toksoplasmosis dan berbahaya bagi janin.
  • Olahan sate kambing yang dicampur dengan kecap dan garam bisa menyebabkan ibu hamil mengalami hipertensi sehingga berisiko janin lahir prematur.
  • Gangguan pencernaan seperti susah BAB dan sembelit karena daging kambing mengandung lemak tak jenuh.
  • Jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan kolesterol tinggi dan berbahaya bagi kesehatan jantung.

Itulah bahaya sate kambing bagi ibu hamil. Namun, Anda masih boleh memakannya asal tidak berlebihan. Sate kambing juga harus matang sempurna dan jangan sampai ada daging yang belum matang atau kemerahan. Agar benar-benar matang, daging bisa dipanggang dalam oven terlebih dahulu, baru dibakar. Jangan lupa membersihkan bagian yang hangus karena bersifat karsinogenik.

Penting! Ini Bahaya Sate Kambing bagi Ibu Hamil
Scroll to top