Ada beberapa tanda yang bisa dijadikan sebagai indikator bayi sakit perut. Mengenali tanda dengan tepat bisa merujuk pada penanganan yang tepat pula.

Artikel

Tangisan bayi memang bisa memiliki banyak arti. Lapar? Bosan? Takut? Atau justru sakit? Kalau sakit, apanya yang sakit? Inilah kadang yang membuat banyak Ibu muda merasa bingung. Memberi ASI dijadikan sebagai solusi untuk menenangkan bayi, namun jika ternyata penyebab bayi rewel karena bayi sakit perut,  memberi ASI bisa menjadi tindakan yang tidak tepat lho Bu.

Tidak seperti sakit lainnya, memberi ASI dikala perut bayi sedang dalam kondisi yang tidak nyaman justru memicu muntah. Jadi harus bagaimana? Yuk kenali tanda-tanda si kecil mengalami sakit perut.

  1. Tepuk-tepuk perlahan perut si kecil, jika terasa keras itu bisa menjadi pertanda bahwa perut bayi sedang kembung.
  2. Ibu pasti hafal dong dengan gaya menangis si kecil, nah jika saat menangis bayi mengangkat kaki dengan punggung dilengkungkan, bisa jadi ini merupakan tanda bahwa bayi sakit perut. Meski dianggap biasa, menangis sambil menendang-nendang juga bisa menjadi indikasi perutnya sedang tidak nyaman.
  3. Seperti orang dewasa, dalam kondisi perut yang tidak enak, bayi juga bisa sering buang angin dan tidak mau makan. Jadi jangan paksa si bayi untuk minum ASI ya Bu, kalau dia menolak.

Kalau tidak boleh di beri ASI lalu bagaimana? Ada beberapa cara yang bisa Ibu lakukan untuk menenangkan bayi. Jika perut dalam kondisi sakit, tangisan bayi akan membuat kondisi perut menjadi lebih tidak nyaman. Ibu bisa memeluk sambil mengayunkan si kecil. Boleh  diayun dengan ayunan atau sambil digendong, yang terpenting lakukan dengan perlahan ya, ayunan yang berlebih akan membuat bayi muntah. Ibu juga bisa memberi tekanan pelan pada perut bayi dan mencoba membuat si kecil bersendawa. Sendawa akan membantu mengeluarkan gas di dalam perut dan membuat perut bayi menjadi lebih lega.

Bagaimana Bu? Sudah paham kan tanda si kecil sedang sakit perut? Semoga artikel ini membantu ya Bu, mengenali tanda dengan benar bisa merujuk pada penanganan yang tepat.

Mengenali Tanda Bayi Sakit Perut
Scroll to top