Selama ini, sama sekali tidak ada kata terlambat pada belajar. Tidak terkecuali dengan menambah pengetahuan pada bidang otomotif. Salah sau caranya mungkin adalah ikut dalam kursus mekanik motor. Apabila sudah mahir, maka membuka usaha bengkel motor rumahan sudah pasti menguntungkan. Bahkan, peluang ini bisa menjadi penghasilan tambahan.

Memang, memilih tempat kursus mekanik motor tidak terlalu mudah. Sebab, terdapat sejumlah hal yang mesti diperhatikan dengan seksama. Mulai dari  waktu kursus, biaya, layanan yang diberkan, hingga jaminan dalam menguasai materi. Kemudian setelah itu, anda bisa menerapkannya secara mandiri sebagai pekerjaan atau hanay untuk diri sendiri.

Namun masih banyak yang dipertanyakan terkait hal tersebut. Seperti di mana lokasi kursus motor tersebut dan berapa biaya nya?

Salah satu kursus mekanik motor yang paling direkomendasi adalah Otomotor Academy Yogyakarta. Sebab, lembaga tersebut menjadi Kursus Mekanik Motor Profesional di Indonesia.

Table of Contents

Kenali Kursus Otomotor Academy Yogyakarta

Otomotor Academy merupakan sebuah lembaga kursus yang berada di Yogyakarta. Lembaga ini dibuat bagi anda yang ingin menjadi ahli mekanik sepeda motor. Bahkan kurikulum pada lembaga ini memang sudah dibuat khusus bagi anda yang ingin menjadi mekanik terbaik dalam kurun waktu 2-3 bulan. Kemudian dengan komposisi kurikulumnya adalah 80% praktek dan 20 % teori atau dari materi yang dasar hingga profesional.

Visi Otomotor Academy ini adalah membuat para lulusan sebagai mekanik yang handal, kompeten, siap membuka karir baru di bidang otomotif. Lalu yang tidak kalah penting adalah mampu membuka usaha mandiri di bidang otomotif roda dua.

Selain itu, beridirnya lembaga ini dikarenakan sebuah fakta yang tengah beredar di khalayak ramai. Salah satunya adalah siswa lulusan SMA/SMK jurusan otomotif masih belum cukup ilmu untuk meniti karir.

Tidak hanya itu saja, banyak masyarakat yang merupakan lulusan sekolah menengah dan ingin memiliki usaha bengkel sendiri. Bahkan, banyak juga masyarakat yang mengenyam pendidikan formal, namun masih ingin memiliki keahlian di bidang mekanik.

Sedangkan di Otomotor Academy Yogyakarta, kurikulum akan langsung dibimbing oleh tenaga pengajar yang sudah profesional. Bahkan sudah menguasai ilmu hingga bagian terdalam dari otomotif roda dua.

Kemudian, terdapat banyak kemampuan yang didapat ketika mengikuti kursus mekanik di Otomotor Academy Yogyakarta. Simak semua ulasannya di bawah ini.

Sejumlah Pengetahuan yang Bisa Didapat dari Otomotor Academy Yogyakarta

Hmtc – Dengan mengikuti kursus mekanik di Otomotor Academy Yogyakarta, anda bisa mendapat beragam pengetahuan. Mulai dari pengetahuan dasar kendaraan hingga seluk beluk otomotif. Bahkan setiap peserta tidak akan mendapat materi saja, melainkan akan prakter langsung. Perbandingannya 20% materi dan 80% praktek.

Sejumlah tempat kursus sudah menyediakan kurikulum pelajaran tertentu. Hal tersebut sebagai panduan bagi para pengajar yang sudah ahli dalam memberikan ilmunya. Beragam pengetahuan bakal didapat dari kurikulum tersebut, berikut diantarannya:

  1. Mengikuti Kursus Mekanik Motor, Belajar Kelistrikan

Biasanya, kurikulum dalam sebuah kursus mekanik motor adalah pelajaran dasar. Salah satunya adalah mempelajari komponen pendukung rangkaian sistem kelistrikan. Kemudian materi yang didapat dari sistem kelistrikan adalah meliputi sistem kelistrikan dan bagian kecil dari sistem tersebut.

Materi ini diberikan supaya peserta mampu dengan beragam kemampuan kelistrikan. Mulai dari mengerjakan trouble shooting dengan menggunakan alat bantu, seperti multi teste atau AVO Mater.

Bagi semua mekanik lulusan Otomotor Academy Yogyakarta diharap bisa menentukan kabel sesuai dengan urutan kabel. Atau sesuai dengan semua materi yang diberikan ketika kursus.

  1. Pengetahuan Mengenai Suspensi dan Sasis

Kemudian yang kedua, pada kursus di Otomotor Academy Yogyakarta juga akan memberi pengetahuan tentang komponen dengan fungsi peredam kejut. Materi yang diberikan di sini adalah terkait dengan sistem kemudi, roda, dan sistem pengereman.

Lalu tujuan dari pembelajaran terkait suspensi dan sasis adalah mampu memberikan perawatan. Termasuk juga mampu merawat sistem pengereman.

  1. Kursus Mekanik Motor, Pasti Belajar Mesin

Setelah kelistrikan, sasis, dan suspensi mekanik akan mendapat kurikulum baru di Otomotor Academy Yogyakarta. Kurikulum tersebut berkaitan dengan injeksi dan mesin. Termasuk dengan mesin penggerak otomatis atau continous variable transmission (CVT).

Pada kurikulum seperti ini, pembelajaran yang diberikan kepada peserta biasanya mengenai teknik dasar mesin bakar, sistem bahan bakar, dan sistem pelumasan. Para peserta juga diharap mampu untuk merawat seputaran mesin tersebut.

Peserta didik juga akan mendapat pendalaman materi lebih terkait dengan seputar mesin. Dengan demikian, peserta lulusan Otomotor Academy Yogyakarta diharap mampu merawat dan memperbaik mesin. Seperti klep hingga turun mesn.

Sebagai penutup, Otomotor Academy Yogyakarta paham bahwa semua orang memiliki kepribadian yang berbeda. bahkan kemampuan setiap manusia juga memiliki perbedaan dalam mendapat dan memahami materi. Maka dari itu, setiap peserta akan mendapat banyak sekali pengetahuan dalam mengeksplorasi setiap kendaraan.

Selain itu, lembaga Otomotor Academy Yogyakarta akan memberi kebebasan dalam belajar hingga menjadi ahli dalam bidangnya. Kemudian tenaga pengajar yang profesional juga tidak akan bosan dalam membimbing serta mendampingi para peserta. Sebab, para tenaga pengajar sudah sangat berpengalaman dalam memberikan setiap pengetahuan kepada para peserta.

Kursus Mekanik Motor Sebagai Peluang Mandiri di Bidang Otomotif
Scroll to top