Anda bisa menggunakan berbagai Plugin sebagai cara membuat sitemap di WordPress dengan mudah dan praktis. Para pengguna website pasti sudah tahu dengan istilah sitemap alias daftar halaman web. Sitemap ini berisi halaman-halaman yang ada pada website dan berfungsi untuk memudahkan pengguna maupun mesin pencari untuk melihat isi website.

Sitemap itu sendiri sudah ada sejak 1994 dan 1995, saat itu sitemap menjadi navigasi utama untuk menjelajahi semua halaman website. Sedangkan saat ini sudah banyak tombol navigasi yang lebih sederhana dan lebih mudah digunakan. Namun, sitemap masih sangat disukai oleh mesin pencari, sehingga penting sekali untuk membuat sitemap di website Anda.

Plugin untuk Membuat Sitemap di WordPress

Pixabay.com

Pembuatan sitemap sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan SEO website Anda. Untuk melakukan cara membuat sitemap di WordPress, Anda bisa menggunakan beberapa Plugin di bawah ini, antara lain:

  • Yoast SEO (gratis dan berbayar)
  • SEO Ultimate (gratis dan berbayar)
  • FV Simpler SEO Pack (gratis)
  • Scribe (gratis)
  • SEO Friendly Image (gratis)
  • Google XML Sitemap (gratis)

Di antara beberapa Plugin di atas, biasanya Yoast SEO dan Google XML Sitemap paling banyak digunakan. Selanjutnya, berikut ini akan dijelaskan tutorial atau cara membuat sitemap di WordPress dengan kedua Plugin tersebut.

  1. Membuat Sitemap dengan Yoast SEO

Yoast SEO memang sangat populer dan sudah digunakan lebih dari 5 juta pengguna website. Hal ini karena Yoast SEO memiliki fitur yang cukup powerful serta user friendly sehingga cocok bagi pemula sekalipun. Berbagai macam pengaturan bisa Anda lakukan seperti mengoptimalkan keyword SEO Title, Slug URL dan Meta Description. Sedangkan untuk membuat sitemap, berikut ini caranya, antara lain:

  • Sebelumnya, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan WordPress SEO by Yoast Plugin
  • Masuk ke menu SEOFeatures, lalu aktifkan fitur Advanced Setting Pages untuk mengaktifkan XML sitemaps untuk WordPress
  • Halaman baru XML akan muncul di bawah menu SEO dan bisa digunakan untuk pengaturan sitemap
  • Untuk melihat URL WordPress Sitemap, Anda bisa klik link yang ada di bawah Your XML Sitemap
  1. Membuat Sitemap dengan Google XML Sitemap

Selain Yoast SEO, Anda juga bisa menggunakan Google XML Sitemap yang lebih unggul di search engine. Plugin ini juga merupakan cara termudah untuk membuat sitemap di berbagai mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, Ask dan lainnya. Plugin ini bisa secara otomatis mengirimkan notifikasi ke seluruh mesin pencari ketika konten dimuat atau di publish. Berikut cara membuat sitemap di WordPress, yaitu:

  • Pertama, silahkan login dulu ke pw-admin
  • Kedua, masuk ke menu Plugins, lalu pilih Add New dan cari Plugin Google XML Sitemap, selanjutnya klik install untuk mengaktifkan
  • Untuk konfigurasi selanjutnya, silahkan ke menu Settings – XML-Sitemap
  • Lakukan berbagai pengaturan yang diperlukan pada post atau page priority, exclude content dan lain sebagainya
  • Setelah itu, klik Update Option
  • Periksa perubahan dengan mengakses http://namadomain.com/sitemap.xml

Mengapa Perlu Membuat Sitemap pada Website?

Pixabay.com

Meski sudah ada pengaturan navigasi baru yang lebih canggih tersedia di WordPress, sitemap tetap dibutuhkan untuk para pengguna website. Nah, berikut ini beberapa kelebihan atau keuntungan dari penggunaan sitemap, antara lain:

  1. Website yang memiliki konfigurasi sitemap lebih disukai oleh berbagai mesin pencari di internet karena halaman-halaman website lebih mudah dicari
  2. Sitemap juga membantu mesin pencari sehingga lebih mudah dan cepat dalam melakukan index website, terutama website besar dengan banyak konten
  3. Sitemap digunakan oleh mesin pencari untuk mengindeks website dengan banyak halaman yang tidak terstruktur atau tidak ter-interlinked
  4. Perubahan struktur yang dilakukan oleh website juga bisa lebih mudah dikenali mesin pencari jika website memiliki sitemap

Nah, sitemap itu sendiri ada dua macam yaitu XML Sitemaps dan HTML Sitemaps. Berikut ini penjelasan dan perbedaan dari keduanya, antara lain:

  • XML Sitemap

XML Sitemap merupakan jenis sitemap yang fungsinya ditujukan untuk para mesin pencari yang berisikan metadata dengan URL website. Metadata ini berisi tentang berbagai informasi seperti kapan terakhir kali update, kecepatan perubahan dan lain-lain.

  • HTML Sitemap

Sedangkan HTMP Sitemap ditujukan untuk para pengguna website dan memiliki tampilan navigasi yang lebih mudah digunakan. HTML Sitemap akan mengarahkan pengguna mengunjungi halaman Contact Us, Shopping Chart dan lain-lain.

Itulah informasi seputar cara membuat sitemap di WordPress yang perlu Anda ketahui. Bagi pengguna website atau penyedia layanan web seperti Atlanta SEO Company pasti membutuhkan pengaturan sitemap untuk mengoptimalkan SEO website. Dengan begitu, website yang dikelola bisa lebih mudah diindeks dan lebih mudah masuk ranking mesin pencari.

Cara Membuat Sitemap di WordPress Menggunakan Plugin
Scroll to top