Saat memasuki trimester pertama kehamilan, biasanya ibu hamil sering mengalami masalah kesehatan. Salah satu diantaranya adalah menderita asama urat saat hamil. Pada umumnya jumlah asam urat yang normal pada ibu hamil adalah kurang dari 6 mg/dL, namun jika lebih maka bahaya asam urat bagi ibu hamil perlu diwaspadai.

Dalam kondisi normal, asam urat akan larut dalam darah dan keluar melalui urine. Namun pada kondisi tertentu, jumlah kadar asam urat dalam tubuh berlebih dan menumpuk pada tubuh. Hal ini tentu menjadi bahaya asam urat sangat tinggi, karena meningkatkan resiko preeclampsia dan diabetes gestasional. Berikut ciri-ciri asam urat yang sering terjadi pada ibu hamil:

  1. Sendi kaki terasa kaku dan panas

Peningkatan berat badan serta perubahan hormone selama kehamilan memang berdampak pada meningkatnya kadar asam urat. Ciri-ciri asam ketika hamil biasanya menyerang sendi kaki yang terasa kaku, panas dan nyeri. Tingginya tingkat kolesterol akan menngakibatkan sendi terasa panas dan semmua bagian tubuh ibu hamil menjadi sakit.

  1. Bengkak di beberapa bagian tubuh

Asam urat yang menyerang ibu hamil pada dasarnya akan berkumpul di persendian, sehingga menyebabkan bengkak. Sendi yang bengkak biasanya menyerang pada siku tangan, lutut dan kaki bawah. beberapa ibu hamil juga mengalami pembengkakan di bagian jempol kaki.

  1. Nyeri tumpul di bagian lutut belakang

Ibu hamil yang mengalami preeklamsia akan lebih beresiko mengalami peningkatan kadar asam urat. Adanya preeklamsia ini bisa mengakibatkan gangguan pengeluaran dari sisa-sisa asam urat. Selama kehamilan, perubahan pada tubuh ibu bisa mengakibatkan nyeri sendi dan lutut akibat asam urat. Rasa nyeri ini bisa saja menyebabkan nyeri tumpul di lutut belakang secara terus-menerus.

  1. Rasa sakit disertai rasa lelah berlebih

menderita asama urat, tentu akan sangat mengganggu berbagai aktivitas ibu hamil. Salah satu ciri-ciri asam urat pada ibu hamil adalah  rasa lelah berlebih. Terkadang rasa lelah tersebut disertai denngan rasa sakit pada tulang dan otot.

  1. Kesemutan

Kesemutan pada ibu hamil akibat asam urat ditandai dengan beberapa atau bahkan semua bagian tubuh sulit digerakkan. Jika gejala asam uratnya tinggi, maka kesemutan akan diiringi rasa panas dan memicu mati rasa pada bagin tubuh tertentu.

Itulah 5 ciri-ciri gejala asam urat yang sering terjadi pada ibu hamil. Karena bahaya asam urat bagi ibu hamil juga bisa mempengaruhi janin. Maka anda disarankan untuk mencegahnya dengan selalu rajin berolahraga dan selalu menjaga pola makan.

Kenali Ciri-Ciri Asam Urat Saat Hamil
Scroll to top