Kata kerja dalam bahasa Inggris memiliki banyak bentuk. Dimulai dari tiga bentuk kata kerja (V1, V2, dan V3), hingga kata kerja yang diberi imbuhan (akhiran). Kata kerja tersebut fungsinya adalah untuk digunakan sesuai dengan tenses.

Oleh karena itulah apabila Anda ingin dapat menguasai grammar termasuk 16 tenses, maka memahami bentuk-bentuk kata kerja ini sangat penting. Walau tampak rumit, nyatanya hal ini dapat dikuasai apabila dipelajari dengan tekun.

Salah satu dari bentuk kata kerja yang ada adalah kata kerja invinitive atau base form. Kata kerja invinitive ini merupakan kata kerja pertama (V1) yang masih asli. Maksudnya, kata kerja tersebut tidak mendapatkan imbuhan atau akhiran apa pun. Contohnya adalah call, go, grab, dan borrow.

Fungsi kata kerja ini adalah untuk menunjukkan bahwa suatu aktivitas atau peristiwa yang dilakukan merupakan rutinitas atau sedang dilakukan sekarang. Contoh kalimatnya adalah “I eat breakfast at 7 am everyday.

Walau kata kerja base form merupakan kata kerja yang belum mengalami perubahan layaknya kata kerja bentuk kedua (V2) dan ketiga (V3), Anda tetap harus tahu tentang regular dan irregular verb.

  1. Regular verb

Regular verb merupakan suatu kelompok verb dalam bahasa Inggris yang perubahannya dari V1 ke V2 dan V3 memiliki pola yang tetap. Oleh karena itulah kelompok kata kerja ini lebih mudah diingat dan dipelajari dibanding irregular verb.

Secara umum, perubahan regular verb atau kata kerja beraturan ini dapat terjadi hanya dengan menambahkan akhiran –d atau –ed pada akhir kata kerja pertama atau base form. Meski begitu, Anda tetap harus tahu kapan suatu kata kerja ditambah akhiran tersebut.

Pola pertama adalah suatu kata kerja bentuk pertama (V1) yang hanya terdiri dari satu suku kata dapat berubah menjadi V2 dengan menambahkan akhiran –ed. Contohnya adalah called, followed, helped. Sementara itu, kata kerja pertama yang berakhir dengan huruf –eakan menjadi V2 apabila ditambah akhiran –d.

Selain kedua pola tersebut, ada lagi dua pola lainnya, yaitu kata kerja pertama (V1) dengan akhiran –y dapat diubah menjadi V2 dengan mengganti akhiran –y tersebut dengan –ied. Contohnya adalah kata kerja try (V1) menjadi tried (V2 dan V3).

Pola yang terakhir adalah kata kerja pertama yang berakhir dengan konsonan dapat diubah menjadi V2 dan V3 dengan menggandakan konsonan tersebut ditambah akhiran –ed. Contohnya grab (V1) menjadi grabbed (V2 dan V3).

  1. Irregular verb

Jika regular verb memiliki pola perubahan yang mudah diamati, irregular verb tidak. Oleh karena itulah Anda harus menghafalkannya. Hal ini membuat irregular verb relatif lebih sulit dipelajari dibanding regular verb. Cara yang paling efektif untuk mempelajari irregular verb adalah dengan sering memakainya melalui latihan.

Kata kerja yang termasuk irregular verb adalah eat (V1). Bentuk kedua (V2) dari eat adalah ate, sedangkan bentuk ketiganya (V3) adalah eaten. Selain eat, masih banyak kata kerja yang termasuk irregular verb antara lain fly, begin, ring, swim, dan forget.

Kata kerja base form merupakan fondasi yang perlu dipelajari dan dipahami dengan baik, misalnya dengan kursus bahasa inggris di kota bekasi. Dengan begitu, Anda pun akan lebih mudah mempelajari bentuk kata kerja yang lain. Oleh karena itulah kursus bahasa inggris di kota bekasi sangat direkomendasikan.

 

Kata Kerja Base Form
Scroll to top