Meja makan merupakan salah satu furnitur yang harus ada pada sebuah rumah. Meja makan digunakan sebagai tempat makan bagi seluruh anggota keluarga. Umunya, meja makan ditempatkan di ruang makan yang terpisah dari dapur. Akan tetapi, di beberapa rumah minimalis, meja makan ditempatkan pada ruangan yang sama dengan dapur.

Meja makan dapat terbuat dari berbagai macam bahan. Salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat meja makan adalah kayu. Meja makan kayu memiliki ketahanan yang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan kayu lebih awet dan dapat menopang beban berat. Salah satu jenis kayu yang sering digunakan adalah kayu jati karena kualitas yang bagus serta tahan terhadaps serangan rayap.

Selain kayu, meja makan juga dapat terbuat dari perpaduan logam dan kaca. Biasanya, logam seperti besi digunakan sebagai rangka dari meja makan. Sedangkan kaca digunakan pada bagian atas meja makan. Selain itu, kaca juga bisa dipadukan dengan kayu. Sehingga, meja makan yang dihasilkan dapat terlihat cantik.

Meja makan juga berperan penting terhadap dekorasi yang ada pada ruang makan. Meja makan yang didekorasi dengan cantik akan membuat ruang makan terlihat elegan. Dekorasi meja makan dapat dilakukan dengan memilih bentuk meja makan, ukuran, warna, desain, dan bahan yang digunakan. Berikut ini adalah beberapa pilihan desain makan yang bisa jadi salah satu inspirasi untuk mendekorasi ruang makan agar terlihat lebih elegan dan nyaman.

Table of Contents

Ide Dekorasi yang Cocok untuk Meja Makan

Pixabay.com

Ada beberapa macam dekorasi yang cocok digunakan untuk meja makan. Salah satunya adalah meja makan yang terbuat dari kayu yang berwarna cokelat gelap. Meja makan kayu ini bisa berbentuk persegi panjang dan diletakkan di ruangan yang memiliki cat putih. Sehingga, meja makan dan ruangan tersebut akan menghasilkan kontras yang cantik. Selain itu, kursi kayu yang memiliki warna serupa juga akan menambah desain dari ruangan tersebut.

Inspirasi lain untuk dekorasi meja makan adalah meja makan yang terbuat dari kayu dan di cat dengan warna putih. Bentuk meja makan dapat dipilih dengan bentuk persegi panjang yang sederhana. Kursi yang digunakan bisa dibuat dari bahan stainless steel yang di cat dengan warna hitam. Sehingga, akan tampak kontras dengan meja makan. Selain itu, untuk tambahan dekorasi, vas bunga berwarna putih bisa diletakkan di atas meja. Sehingga, meja makan akan tampak cantik, sederhana, dan elegan.

Meja makan marmer bisa jadi pilihan dekorasi untuk meja makan. Meja makan yang terbuat dari marmer akan tampak kuat. Selain itu, marmer juga akan memberikan warna yang unik dan menenangkan sehingga cocok digunakan pada ruangan yang memiliki desain klasik. Bagian atas meja bisa dibuat dari marmer. Sedangkan bagian bawah meja bisa dibuat dari baja yang kuat sehingga meja makan marmer memiliki ketahanan yang baik.

Dekorasi meja makan di ruang makan yang luas tentu berbeda dengan dekorasi meja makan yang ada di ruang makan minimalis. Jika pada ruang makan yang luas, ada banyakk pilihan meja yang bisa digunakan. Selain itu, ukuran meja makan juga bisa disesuaikan dengan jumlah anggota yang ada.

Untuk dekorasi meja makan pada ruang makan minimalis, ada beberapa inspirasi desain yang bisa dipilih. Salah satunya adalah meja makan dengan bentuk bulat. Meja makan ini tidak membutuhkan banyak ruang. Selain itu, meja makan bulat yang dibuat dari kayu dan dicat berwarna putih akan nampak cantik dengan ruangan yang berwarna putih pula. Kursi meja makan yang terbuat dari kayu juga bisa digunakan sebagai pelengkap dekorasi meja makan.

Selain itu, untuk menghemat ruang, meja makan juga bisa dibuat dengan menempel pada dinding ruang makan. Agar desain meja makan tidak terkesan monoton, maka letakkan meja makan di dekat jendela. Sehingga, anggota keluarga yang makan tidak akan merasa bosan.

Cara Memilih Dekorasi Meja Makan yang Cocok

Pixabay.com

Ketika akan memilih set meja makan, ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan. Pertama, ukuran meja makan harus sesuai dengan ukuran ruangan yang ada. Meja makan yang memiliki ukuran terlalu besar akan memakan banyak ruang sehingga ruangan menjadi terlihat lebih sempit. Sebaliknya, meja makan yang memiliki ukuran terlalu kecil juga tidak bisa berfungsi dengan baik.

Selain itu, jarak antara meja makan dengan furnitur lain juga harus dipikirkan. Meja makan akan dikelilingi oleh beberapa kursi yang digunakan. Oleh karena itu, perlu pertimbangan seberapa besar meja dan kursi serta jarak dengan dinding atau furnitur yang lain.

Hal terpenting lain adalah bahan yang digunakan untuk membuat meja makan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa meja makan dibuat dari berbagai macam bahan seperti kayu, kaca, stainless steel, marmer, dll. Setiap bahan yang digunakan memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Oleh karena itu, pemilihan bahan meja makan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, desain meja makan juga bisa disesuaikan dengan tema ruang makan yang dibuat.

Berbagai Macam Inspirasi Dekorasi Meja Makan yang Cantik dan Elegan
Scroll to top