Jari tangan adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting perannya. Hampir semua aktivitas dilakukan menggunakan jari tangan. Jari tangan juga memiliki jumlah sepuluh pada normalnya yaitu lima sebelah kanan dan lima sebelah kiri, dari kelima jari tersebut masing-masing memiliki peran dan juga nama. Nama-nama jari tangan adalah dimulai dari ibu jari, telunjuk, jari tengah, jari manis dan jari kelingking. Nama-nama tersebut juga berlaku untuk jari kaki.

Bagaimana jika jari kita mengalami gatal sedangkan hampir semua ativitas dilakukan menggunakan jari. Otomatis aktivitas akan terganggu dan tentunya gatal tersebut akan membuat anda merasa tidak nyaman. Nah biasanya penyebab gatal pada jari tangan ini kebanyakan karena alergi kulit. Alergi kulit bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti pemakaian detergen, minyak wangi atau bahkan bisa juga karena sarung tangan. Selain itu gatal pada kulit jari nuga bisa disebabkan oleh bakteri karena anda kurang bisa menjaga kebersihan tangan anda.

Jika sudah merasakan gatal pada kulit jari tangan anda, sebaiknya anda jangan khawatir. Namun alangkah lebih baiknya anda mengatasi alergi pada kulit jari anda dengan beberapa cara berikut ini.

  • Jangan digaruk

Gatal yang tidak tertahankan biasanya akan membuat anda tidak tahan untuk menggaruk nya. Tapi sebaiknya anda tahan hal itu karena jika anda menggaruk jari anda berlebihan akan membuat jari anda terluka dan bahkan gatalnya akan semakin parah. Cara yang tepat anda elus jari anda menggunakan jari tangan satunya.

  • Cuci tangan

Biasakan diri anda untuk selalu menjaga kebersihan tubuh anda terutama jari tangan, jari tangan adalah bagian tubuh yang paling sering menyentuh benda-benda ataupun bersentuhan dengan orang lain. Jadi biasakan untuk mencuci tangan anda untuk menghindari alergi gatal pada kulit jari tangan anda.

  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin

Cara yang satu ini wajib sekali anda lakukan untuk mencegah alergi gatal pada jari kulit anda. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E dan C.

 

Begini Cara Mengatasi Alergi Kulit Gatal di Jari-Jari Tangan dan Kenali Penyebabnya
Scroll to top