Buah rambutan merupakan buah yang banyak di gemari oleh kebayakan orang di indonesia, rasanya yang manis dan menyegarkan membuat buah ini sangat di gemari di iklim tropis seperti ini apa lagi di konsumsi saat cuaca sedang panas, oleh sebab itu saat ini masih banyak orang yang mencoba untuk membudidayakannya, untuk mendapatkan bibit buah rambutan yang bagus biasanya para pembudidaya mendapatkannya dengan cara cangkok rambutan sehingga bisa mendapatkan hasil bibit yang benar-benar bagus.

Mungkin anda masih penasaran bagai mana cara dalam mencangkok tanaman , dalam cangkok rambutan ini juga tidak berbeda dengan cangkok pada tanaman lain. Tapi untuk beberapa orang mencakok adalah hal yang terbilang sulit karena tanaman tidak kunjung mengeluarkan akar padahal umur cangkok sudah terbilang lama, yang pertama harus anda lakukan sebelum mencakok adalah sebagi berikut

  1. anda haru menyiapkan alat dan bahan sebelum melakukan cangkok rambutan ini, seperti pisau , sabut kelapa atau plastik, tali , media tanam yang akan di gunakan berupa tanah dengan campuran pupuk kompos, dan bawang merah.
  2. setelah itu kupas kulit batang pohon yang akan di cangkok kira-kira 15-20 cm dan bersihkan juga lapisan kambiumnya. Keringkan batang selama 3 hari, pastikan batang yang di pilih lurus dan dari varietas yang unggul.
  3. setelah hari ketiga , gosok bagian yang disayat dengan bawang merah agar dapat merangsang pertumbuhan akar , lalu bugkus batang tersebut menggunakan media tanam dan sabut kelapa lalu ikat menggunakan tali.
  4. tunggu sampai kurang lebih dua bulan sampai cangkok rambutan tersebut mengeluarkan akar , setelah itu anda bisa menanamnya.

Pastikan anda untuk mengeceknya secara rutin dan memastikan media tidak kering dan busuk, agar cangkok rambutan dapat berhasil tumbuh dan menghasilkan tanaman yang unggul serta memiliki produktifitas yang baik juga, semoga informasi tersebut bisa membantu anda.

 

Cara mudah cangkok rambutan
Scroll to top