Bagi seorang fotografer keberadaan tas kamera menjadi peralatan, yang wajib untuk dipenuhi. Rancangan tas kamera berbeda dengan jenis tas lainnya, Ia memiliki beberapa fitur yang unik. Ciri utamanya tas akan dilengkapi dengan ruang penyimpanan, dan dibatasi oleh busa tebal. Ada beberapa model yang tersedia sehingga anda butuh cara memilih tas kamera DSLR. Jadi anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Table of Contents

Jadikan Hunting Foto Lebih Menyenangkan

Pixabay.com
  1. Lihat Bentuk Desain

Tas kamera sering dibawa penggunanya untuk pergi kemanapun, terutama saat ada event fotografi. Maka dari itu anda perlu memperhatikan desain tas, yang sekiranya tampak kerena saat digunakan. Anda pun lebih terlihat fashionable dengan style busana yang matching. Namun anda harus pintar dalam memilih tas kamera, perlu menyeimbangkan sisi desain dengan fungsinya. Percuma bila desain tas menarik tetapi tidak memiliki fungsi apapun.

Desain tas kamera yang menarik tidak hanya membuat anda tampil lebih keren. Tetapi juga menambah semangat saat memotret, dan meningkatkan mood di sesi pemotretan. Perlu anda tahu bahwa mood berpengaruh besar terhadap hasil jepretan. Karena pikiran si fotografer tidak fokus, dan tingkat emosionalnya sedang tinggi. Jika anda kurang suka dengan desain tas, ada kemungkinan tidak lagi tertarik untuk memotret.

  1. Sesuaikan dengan Tipe Fotografi

Setiap fotografer memiliki gaya fotografi yang berbeda, jadi tidak bisa disamakan satu dengan lainnya. Tidak heran jika anda menemukan hasil jepretan dengan karakteristik tertentu. Hal itu disebabkan si fotografer telah mempunyai ciri khasnya sendiri, dan menjadi keunikan dari karyanya. Cara memilih tas kamera DSLR mengandalkan nilai estetika dalam fotografi pemiliknya. Hal itu tercermin dari cara fotografer memilih desain dan warna dari tas kamera.

Misalnya model tas samping yang cukup populer di kalangan fotografer. Desainnya cukup casual untuk para wanita maupun laki-laki, dengan fungsi yang memadai. Tas ini dilapisi dengan kulit, yang mampu menampung 2-3 kamera beserta lensanya. Model tas samping memudahkan anda untuk mengganti lensa, dan praktis dibawa kemanapun. Anda tidak perlu kerepotan membawanya, karena hanya disampirkan pada satu sisi pundak.

Ada juga model tas punggung yang memiliki cukup ruang, dan bisa menyimpan kamera beserta aksesorisnya. Anda bisa membawanya saat traveling atau sesi pemotretan di tempat outdoor. Jenis messenger bag juga sedang tren akhir-akhir ini, karena modelnya keren dan tampak modern. Tas ini menempel pada punggung seperti ransel biasa, tetapi anda bisa memutarnya kedepan saat membutuhkannya.

  1. Sesuaikan dengan Ukuran Kamera

Cara memilih tas kamera DSLR harusnya disesuaikan dengan ukuran, serta kapasitas yang memadai. Jika perlu pilih model tas yang dilengkapi dengan banyak kantong penyimpanan. Jadi anda dapat menggunakannya untuk menyimpan dompet, smartphone, dan botol minuman. Anda juga bisa memamkai tas untuk aktivitas sehari-hari, bisa dibilang tip tas yang multifungsi. Selain itu tempat penyimpan kameranya cukup pas, tidak terlalu luas ataupun sempit.

Pilih tas yang bisa meyimpan kamera dan dua lensa, serta beberapa aksesoris kecil. Tidak perlu menampung aksesoris besar seperti tripod atau flash eksternal. Meskipun cukup berat saat dibawa namun model tas tampak lebih stylish. Bagian tempat untuk meletakkan kamera cukup lega, sehingga tidak membuat kamera anda terjepit. Usahakan pilih bagian luar tas yang tebal supaya kamera tidak terkena benturan secara mendadak.

  1. Pembagian Ruang Harus Seimbang

Cara memilih tas kamera DSLR harus mempertimbangkan keseimbangan ruang. Tujuannya agar bodi dan lensa kamera dapat terlindungi, tidak saling bertumpuk. Biasanya setiap jenis tas akan dibatasi dengan busa, untuk menciptkan rongga di dalamnya. Dengan pembaguan ini kamera DSLR akan terjaga dengan baik, meski anda banyak bergerak. Disamping itu keberadaan lensa tetap di tempat semula, dan tidak bergesekan dengan bodi kamera.

Anda bisa memanfaatkan model waist bag atau multipurpose bag, yang ruangnya cukup lega. Untuk waist bag hanya muat untuk menyimpan satu kamera, dengan satu lensa dan dibatasi busa yang tinggi. Model tas ini cocok digunakan untuk agenda jalan-jalan di kota atau saat hiking. Sedangkan multipurpose bag bisa dipakai dalam berbagai kondisi, dengan desain yang unik. Ruang didalamya bisa menyimpan satu kamera dan satu lensa, dengan beberapa aksesoris kecil.

  1. Pilih Tas yang Praktis

Lewat cara memilih tas kamera DSLR anda akan memilah, mana tas yang praktis dan tidak merepotkan. Tujuannya agar mudah untuk mengambil kamera, ataupun mengganti lensa dalam satu waktu. Anda perlu memilih tas yang bisa dibuka lebar tetapi tidak membuat kamera mudah jatuh. Jadi anda bisa mengambil kamera dalam keadaan berdiri, tidak perlu mencari tempat untuk duduk. Anda pun lebih enjoy untuk menangkap banyak foto, tanpa ketinggalan momen.

  1. Tahan Benturan dan Anti Debu

Saat memiliki kamera DSLR anda perlu menjaganya dari benturan, dan masuknya debu ke interior kamera. Hal tersebut bisa merusak lensa kamera sehingga membuat hasil jepretan terlihat buruk. Selain itu pilih bahan raincover yang mampu menahan air dengan baik. Jadi aman ketika tas kamera terkena cipratan air hujan, tidak sampai merembes ke dalam.

  1. Beli Inner Case

    Pixabay.com

Cara memilih tas kamera DSLR harus cukup memuaskan dari sisi desain dan fungsinya. Jika saat membeli tidak dilengkapi dengan bantalan, anda bisa menambahkan inner case. Fitur ini merupakan bantalan empuk yang bisa diambil, dari dalam tas kamera. Sehingga bisa dibersihkan dan dicuci saat kotor.

Anda bisa memfungsikannya saat ruang pembagian tidak cukup atau terlalu besar. Harga inner case jauh lebih murah dibanding membeli tas kamera yang ukurannya besar. Anda bisa melakukan penghematan budget, dan mengalihkannya ke aksesori kamera. Selain itu inner case membuat penempatan lensa dan kamera menjadi lebih rapi.

Anda bisa membuka canon user guide pdf terkait pentingnya tas kamera, untuk menyimpan lensa dan bodi kamera. Dalam pemilihan tas anda perlu meneliti beberapa kepentingan, mulai dari desain hingga ruang penyimpanan. Mengingat di era modern ini banyak bermunculan model tas kamera, yang menarik dan fashionable. Meskipun begitu anda perlu mempertimbangkan fungsi tas, dan harga yang menyesuaikan isi dompet.

Lebih Fashionable, Yuk Cari Tahu 7 Cara Memilih Tas Kamera DSLR
Scroll to top