Mungkin banyak orang yang sering mendengar dengan istilah seminar kit. Tetapi banyak yang belum paham apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan seminar kit. Secara umum seminar kit merupakan sebuah paket seminar. Sehingga kit yang dimaksud adalah istilah lain dari paket. Dimana dalam suatu paket seminar ini merupakan sekumpulan produk atau barang-barang yang nantinya akan diberikan kepada para peserta seminar. Selain diberikan kepada para peserta seminar biasanya seminar kit juga diberikan kepada para sponsor atau penonton yang biasa menonton dalam suatu kegiatan atau event tertentu. Intinya seminar kit ini merupakan suatu produk atau bingkisan yang diberikan kepada panitia sebagai pihak penyelenggara kepada yang diundang atau mereka yang mengikuti acara tersebut.

Kita bisa mengambil contohnya seperti dalam suatu perusahaan. Dimana perusahaan tersebut sedang mengadakan suatu acara besar atau ulang tahun perusahaan. Dan nantinya para panitia penyelenggara acara tersebut akan memberikan suatu bentuk bingkisan atau yang namanya cenderamata yang disebut sebagai seminar kit ini, kepada para customer atau pelanggan tetap perusahaan tersebut. Ini merupakan suatu bentuk buah tangan yang dapat memberikan kesan baik bahwa perusahaan tersebut dapat memuaskan para customer mereka. Dengan begitu para customer ataupun pelanggan tetap akan memilih perusahaan tersebut atau bahkan dapat menyarankannya kepada teman-teman dan orang yang mereka kenal.

pixabay.com

Souvernir Yang Sering Dipilih Sebagai Seminar Kit

  1. Buku Catatan

Souvenir yang bisa digunakan sebagai suatu bentuk paket seminar yaitu buku catatan. Biasanya dalam suatu acara buku catatan ini merupakan souvenir yang paling dinantikan dalam suatu souvenir kit. Buku catatan berbentuk sederhana dan juga desain yang minimalis. Namun tetap menarik dan juga elegan. Ukuran buku catatan yang sering digunakan yaitu A4 dan juga A5. Dan dilengkapi dengan logo penyelenggara acara sebagai bentuk media promosi.

  1. Bolpoin atau Pensil

Souvenir yang selanjutnya yaitu bolpoin atau pensil. Tentu buku catatan tidak akan lengkap jika tidak dilengkapi dengan bofoin atau pensil ini. Sehingga dalam suatu seminar kit biasanya buku catatan juga sudah dilengkapi dengan bolpen. Dalam suatu acara bolfoim atau pensil untuk seminar kit dicetak dengan logo perusahaan atau penyelenggara seminar tersebut pada bagian tubuh bolfoin atau pensil sebagai bentuk media promosi.

  1. Flash disk

Flash disk juga merupakan salah satu souvenir yang sering digunakan dalam berbagai acara. terlebih flash disk merupakan suatu media penyimpanan yang fleksibel dan mudah dibawa kemana saja. Untuk itu memilih flashdisk sebagai bentuk souvenir sangat membantu para peserta. Karena flash disk ini sangat dibutuhkan dalam suatu acara atau pun seminar. Biasanya para peserta diperbolehkan untuk menyalin materi yang disampaikan oleh pemateri.

  1. Gantungan Kunci

Gantungan kunci ialah pilihan tepat yang banyak digunakan sebagai salah satu souvenir kit dalam seminar, mengingat harganya yang terjangkau dan ukurannya yang tidak tidak terlalu besar. Selain itu, fungsinya juga cukup beragam mulai dari gantungan kunci sampai gantungan tas, dompet dan sejenisnya. Oleh sebab itu, gantungan banyak dipilih sebagai souvenir kit seminar dilengkapi dengan icon khusus atau tema yang menggambarkan tentang seminar tersebut. Kebanyakan berbentuk lingkaran dengan bahan dasar plastik yang diatasnya terdapat sablonan tulisan atau logo tema seminar.

  1. Hoodie bag

Selain beberapa barang yang telah disebutkan diatas, hoodie bag juga termasuk ke dalam barang-barang yang kerap digunakan dalam seminar kit. Hal ini dikarenakan harganya yang terjangkau dan fungsinya yang beragam, bisa digunakan oleh semua kalangan usia, baik laki-laki atau perempuan. Biasanya digunakan sebagai tempat dari seminar kit yang lain seperti nota atau bolpoin. Namun, tidak jarang hoodie bag juga diberikan sendiri ketika jumlah seminar kit yang diberikan hanya satu item. Biasanya diberikan dalam bentuk lipatan atau gulungan yang dimasukkan dalam kemasan plastik.

Pemberian seminar kit biasanya tergantung pada jenis seminar dan siapa yang menyelenggarakan seminar tersebut. Seperti misalnya ketika seminar edukasi dalam sekolah, maka seminar kit yang diberikan ialah buku nota dan bolpoin sedangkan seminar kerajinan kulit bisa diberikan souvenir tas kulit sebagai seminar kitnya. Selain itu, jenis seminar yang terslenggara juga menentukan apakah itu seminar free htm atau berbayar, karena semakin besar biaya yang dikeluarkan maka kemungkinan souvenir kit yang diberikan juga lebih baik.

Sedangkan pemberian seminar kit kepada peserta seminar merupakan sebuah penghargaan sekaligus ucapan terima kasih aras ketersediaannya untuk meluangkan waktu mengikuti seminar. Disamping itu, terdapat beberapa alasan lain yang mendasari diberikannya seminar kit pada peserta. Berikut kalah beberapa diantaranya

pixabay.com

Alasan Pemberian Seminar Kit Kepada Peserta Seminar

  1. Sebagai penunjang agar aktivitas seminar dapat berjalan sebagaimana mestinya, terlebih ketika seminar kit yang diberikan berupa ringkasan materi atau nota dan bolpoin karena peserta dapat sekaligus merangkum atau menuliskan pokok-pokok materi yang diberikan. Hal ini sangat penting dikarenakan tidak banyak peserta yang membawa kertas dan bolpoin ketika mengikuti seminar.
  2. Pemberian seminar kit juga bisa berperan sebagai nilai tambah agar seseorang tertarik untuk mengikuti seminar, terlebih lagi jika jenis seminar kit yang diberikan cukup beragam dan fungsional.
  3. Bisa dijadikan sebagai media promosi yang cukup menjanjikan, karena tim penyelenggara atau panitia akan lebih mudah untuk mencari sponsor.

 

 

 

Mengetahui Lebih Dalam Mengenai Apa Itu Seminar Kit?
Scroll to top