Akhir-akhir ini banyak berita yang beredar tentang munculnya ular khususnya ular berbisa seperti kobra yang masuk ke pemukiman penduduk. Hal ini tentu sangat berbahaya karena bisa ular tersebut sangat mematikan dan bisa membunuh manusia dewasa dengan cepat. Walaupun terdapat pula ular yang masih kecil namun jika dibiarkan ular-ular tersebut bisa membuat sarang dan tumbuh di area sekitar rumah penduduk. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu cara mencegah ular masuk ke rumah.

Tips mencegah ular masuk rumah

Musim pancaroba atau pergantian musim seperti saat ini merupakan  waktu yang pas bagi ular kobra untuk berkembang biak. Sebagai hewan berdarah dingin, kobra membutuhkan tempat berkembang biak yang cukup sejuk dan terdapat banyak mangsa seperti di sekitar pekarangan rumah. Hal ini sangat membahayakan terutama bagi anak-anak yang cenderung kurang berhati-hati. oleh karena itu, berikut cara mencegah ular masuk rumah agar tidak membahayakan anggota keluarga.

  1. Jangan tabur garam

Banyak mitos yang menyatakan jika ular akan menghindari area yang diberi taburan garam. Hal ini tidak benar. Menabur garam bukanlah cara mencegah ular masuk rumah yang disarankan. Ular terutama kobra memiliki sisik yang kuat sehingga tidak akan terpengaruh oleh garam seperti binatang berlendir.

Dibandingkan dengan garam, sebaiknya beri pengharum di ruangan yang sekiranya cukup lembap dan basah seperti kamar mandi atau pojok pintu. Aroma wewangian yang kuat seperti pengharum ruangan, karbol pembersih dan kapur barus akan mengganggu indra penciuman ula sehingga ular tidak akan mendekat ke dalam rumah.

  1. Memastikan kebersihan lingkungan

Pastikan kondisi lingkungan di lingkungan tempat tinggal selalu bersih dan rapi agar tidak mengundang hewan pengerat seperti tikus dan sebagainya. Keberadaan hewan-hewan tersebut dapat mengundang ular sebagai pemangsa alami mereka. Selain itu, tempat yang basah dan lembap seperti saluran air juga perlu dicek rutin agar selalu bersih dan tidak lembap. Ruangan yang lembap akan menjadi sarang yang cocok untuk ular sehingga perlu dibersihkan secara rutin.

  1. Taburkan kapur barus di sekitar rumah

Kapur barus yang memiliki aroma yang kuat bisa digunakan sebagai pencegah agar ular tidak masuk. Cukup hancurkan kapur barus lalu taburkan serpihannya di sekitar rumah terutama di teras dan dekat saluran air. Untuk hasil yang maksimal, taburkan kapur barus secara rutin agar ular tidak masuk ke dalam rumah.

Itulah berbagai cara mencegah ular masuk rumah yang direkomendasikan. Jika menemukan ular berbisa di dalam rumah sebaiknya jangan panik dan segera memanggil bantuan. Petugas pemadam kebakaran biasanya juga dilatih untuk menghadapi hal-hal seperti ini. Hindari menangkap sendiri jika tidak berpengalaman dan selalu jaga jarak dari ular terutama jika ular berukuran cukup besar.

Aneka Cara Mencegah Ular Masuk ke Rumah
Scroll to top