Buah nanas adalah salah satu buah yang menjadi favorit bagi beberapa orang. Rasanya yang manis dan segar membuat siapa saja ingin mengolahnya menjadi manisan, rujak atupun asinan. Namun tidak banyak orang tahu nama latin dari buah nanas dan juga morfologi buahnya. Mari simak nama latin nanas dan bagaimana morfologi buah nanas berikut.

Mengenal Morfologi Tumbuhan Nanas

1 Akar

Akar pada tumbuhan nanas memiliki dua jenis akar yang data dibedakan yakni akar tanah dan akar samping. Akar pada tumbuhan nanas sendiri termasuk ke dalam akar serabut, akar ini tumbuh dari batang dan terus berkembang masuk lebih pada ruang antara batang dan daun. Sehingga akar pada tanaman nanas menjadi lebih pipih dan melingkar. Hal ini terjadi karena akar buah nanas terjepit sehingga ia berbentu melingkar dan pipih.

  1. Daun

Bagian daun pada buah nanas memiliki bentuk seperti pita yang cukup panjang, yakni dengan ukuran panjang sekitar 1330 sampai 150 cm dengan lebar sekitar 3 hingga 5 cm. Permukaan daun buah nanas pun memiliki sifat yang cukup halus dan mengkilap serta berwarna hijau agak tua. Namun terkadang beberapa daun buah nanas memiliki warna merah tua bahkan sampai coklat kemerahan.

  1. Buah

Nama latin nanas adalah anans comusus yang merupakan buah jenis tropis yag tumbuh dan berasal dari Barasil. Tumbuhan ini termasuk ke dalam familia nanas atau dalam istilah biologi dinamakan Famili Bromeliacea. Buah pada nanas adalah buah majemuk yang memiliki bentuk gabungan dari 100 sampai 200 kuntum bunga serta bentuknya yang bulat memanjang. Sementara pada tanamaan nanas terdapat mata buah nanas.

Rasa buah, bentuk dan ukuran dari nanas tergantung dari jenis varietas yang dikembangkan. Biasanya buah nanas memiliki warna orange agak kekuningan ketika sudah matang dan berwarna hijau ketika masih mudah. Namun daging buah nanas pada umumnya memiliki warna kuning dan akan berubah menjadi kuning pekat apabila sudah tua. Biasanya buah nanas dapat dipanen sekitar umur 5 hingga 6 bulan setelah tumbuhan nanas ini berbunga.

  1. Bunga

Untuk bagian bunga tumbuhan nanas sendiri memiliki sekitar 100 hingga 200 kuntum bunga dalam satu tumbuhan. Bunga pada tanaman nanas ini akan membuka setia hari sekitar 5 hingga 10 kuntum bunga. Anda akan menemukan kuntum bunga ini pada bagian ketika daun pelindung. Perkembangan bunga nanas ini memakan waktu 10 hingga 20 hari. Ananas comosus yang merupakan nama latin nanas ini membutuhkan 6 hingga 16 bulan untuk penanaman.

Itulah beberapa morfologi nanas yang ada di dalam satu tumbuhan. Anda bisa menemukan buah nanas dengan mudah dipasaran karena buah ini tidak memerlukan perawatan yang khususu. Rasanya yang segar dan manis akan membuat siapa saja tergoda untuk mengolahnya menjadi makanan yang menggoyangkan lidah. Nanas sendiri juga sangat cocok untuk menjadi teman rujak saat cuaca sedang panas.

Yuk Ketahui Nama Latin Nanas dan Morfologi Buahnya
Scroll to top