Knalpot merupakan salah satu suku cadang yang sangat penting dalam sebuah kendaraan bermotor. Oleh sebab itu, onderdil ini perlu dirawat dan diservis dengan cara yang tepat. Apabila servis tidak dilakukan dengan benar akan menimbulkan kerusakan dan berakibat fatal terhadap kendaraan. Seperti melekatnya kotoran ataupun karat yang sering luput dari perhatian.

Saat ini Anda tidak perlu khawatir, karena cat knalpot motor dapat dilakukan secara mandiri. Hal tersebut sangat berguna untuk menghemat biaya pengeluaran dan memberikan perawatan yang maksimal pada kendaraan Anda. Pada artikel kali ini akan dijelaskan panduan dan tips cat knalpot motor secara mandiri secara lengkap dan praktis. Petunjuk ini telah disesuaikan dengan owner manual guide pdf.

Panduan dan Tips Cat Knalpot Motor secara Mandiri

Cat knalpot dapat dilakukan secara mandiri, sehingga dapat mengurangi biaya servis. Anda dapat menggunakan peralatan cat yang dijual pada toko sparepart motor. Sebaiknya perawatan terhadap kendaraan bermotor dilakukan secara berkala dan rutin, agar kondisi mesin tetap terjaga. Kegiatan ini dapat dilakukan pada sore ataupun pada malam hari.

Tips cat knalpot motor secara mandiri dapat dilakukan dengan beberapa cara. Cara tersebut seperti mengecek kondisi knalpot, melepaskan knalpot dari mesin, mengampelas, melapisi dengan cat epoxy dan menyemprotkan knalpot dengan cat. Berikut adalah penjelasannya secara detail.

  1. Mengecek Kondisi Knalpot

Hal utama yang perlu pertama kali dilakukan adalah mengecek keadaan dari knalpot. Kondisi yang dipertimbangkan seperti apakah masih panas karena baru saja digunakan. Pilihan terbaik untuk melakukannya adalah dengan menunggu hingga suhu pada knalpot menjadi dingin, kemudian melakukan pengecatan. Ini disebabkan oleh bila dilakukan dalam keadaan suhu tinggi, maka membuat proses tidak maksimal.

  1. Melepaskan Knalpot Dari Mesin

Pada tahap berikutnya adalah pelepasan knalpot dari mesin motor. Hal ini perlu dilakukan secara hati-hati agar motor tidak tergores ataupun membahayakan bagian lain nya. Dalam tahap ini diperlukan ketenangan agar knalpot bisa lepas dengan sempurna,

Apabila ingin melakukan tanpa melepasnya juga diperbolehkan, namun tidak akan menghasilkan warna yang merata dan akan mempersulit prosesnya. Bila memilih cara ini, maka sebaiknya menutup rapat bagian yang tidak dicat. Hal ini dilakukan agar bagian lain tidak terkena percikan cat. Bagian yang berpotensi untuk terkena cat seperti blog mesin dan vleg pada bagian belakang.

  1. Melakukan Proses Pengampelasan Hingga Tuntas

Berikutnya yang perlu dilakukan adalah mengapelas halus seluruh bagian knalpot. Disarankan menggunakan nomor 600 untuk menjadikan permukaannya halus. Durasi dalam proses pengampelasan dapat disesuaikan dengan kondisi knalpot yang ada.

Untuk hasil maksimal dapat mencuci knalpot dengan sabun agar semua kotoran yang menempel menjadi hilang. Biasanya kotoran yang ditemukan berupa noda minyak ataupun oli. Karat yang ada juga dapat dihilangkan dengan sikat dan juga amplas. Setelah itu dapat mengeringkannya dengan lap kanebo ataupun dijemur di bawah sinar matahari.

  1. Melapisinya Dengan Cat Epoxy Terlebih Dahulu

Pada jenis knalpot stainless, diperlukan pemberian cat epoxy sebelum mengaplikasikan cat pilox. Biasanya harganya berkisar antara Rp. 49.000 untuk satu kaleng. Penggunaan cat epoxydiperlukan bila cat tidak mudah menempel pada permukaan yang licin seperti pada jenis stainless. Untuk penggunaannya ditunggu hingga kering. Setelah kering dapat diamplas kembali agar permukaan menjadi lebih halus.

  1. Menyemprotkan knalpot dengan Cat

Tahapan terakhir adalah menyemprotkan knalpot dengan cat. Untuk memudahkan dalam pelaksanaan, maka dapat menggantung nya dengan kawat. Tips untuk mengecatnya adalah menyemprotkan cat secara tipis secara menyeluruh pada tahap awal. Kemudian ulangi kembali secara berulang agar tidak menggumpal.

Jarak yang tepat dalam mengecat adalah 10-15cm. Jarak sangat penting, karena apabila terlalu jauh permukaan menjadi kasar dan sebaliknya bila terlalu jauh tidak terlalu bagus. Untuk hasil maksimal dapat digunakan cat pilox tahan panas, Hal ini akan berguna agar knalpot memiliki kualitas yang bagus.

Pemakaian cat tahan panas

Pemakaian cat tahan panas akan membuat warna dari knapot tidak mudah pudar. Hal ini akan membuat Anda tidak terlalu sering mengecatnya. Berikut adalah beberapa merek cat pilox tahan panas yang dapat digunakan:

  • Aerox Heat Resistance Paint
  • Cat RJ Hi-Temp
  • Cat semprot Samurai Paint Hi Temp

Cat ini juga dapat digunakan untuk blok mesin. Hal ini membuatnya menjadi multi fungsi, karena dapat digunakan untuk onderdil lainnya. Untuk hasil maksimal Anda dapat menggunakan Clear coat. Apabila ingin hasil warna yang doff, maka dapat memakai clear doff.

Panduan dan tips cat knalpot motor Secara Mandiri
Scroll to top