Air conditioner atau AC merupakan salah satu alat elektronik yang digunakan untuk mengatur suhu pada ruangan.  Penggunaan alat elektronik ini dapat memberikan kenyamanan dan kesejukan ketika berada di ruangan. Apakah hal tersebut juga terjadi pada bayi yang baru lahir? Untuk lebih jelasnya yuk simak cara mengatur temperatur ac yang baik dibawah ini.

Cara Mengatur Suhu AC Untuk Bayi Baru Lahir Yang Harus Diketahui

  1. Memastikan temperatur Tidak terlalu Dingin atau Hangat

Pada umumnya bayi yang baru lahir tidak dapat mengatur suhu tubuh dengan baik. Oleh karena itu menyalakan penyejuk ruangan dapat mengakibatkan penurunan suhu secara tiba-tiba pada bayi. Dengan begitu bayi dapat menimbulkan hipotermia yang artinya sistem syaraf, jantung dan organ lainnya tidak dapat berfungsi dengan baik.

Di sisi lain jika berada di daerah yang pana, tidak berventilasi serta lembab, maka bayi akan rentan terpapar penyakit yang disebabkan oleh panas. Adapun masalah yang ditimbulkan antara lain adalah ruam panas, dehidrasi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk selalu memastikan temperatur yang tidak dingin dan tidak pula terlalu panas.

  1. Mempertahankan Suhu Kamar Kisaran 23-26 Derajat Celcius

Temperatur Ac yang baik untuk anak yang baru lahir adalah kurang lebih sekitar 23 sampai dengan 26 derajat celcius. Penyejuk ruangan yang memiliki freon AC yang baik dapat menyejukkan ruangan dengan cepat dan merata, oleh karena itu anda harus tetap mengaturnya sesuai dengan kenyamanan bayi supaya tidak terlalu dingin dan panas.

Sangat disarankan ketika menggunakan penyejuk ruangan untuk mengatur timer untuk durasi yang diperlukan untuk mendinginkan ruangan. Namun jika tidak memiliki timer, maka penggunaan jam alarm dapat dijadikan sebagai solusi yang tepat. Selain itu anda juga dapat menyimpan termometer dalam kamar untuk memonitor suhu ruang yang baik untuk bayi.

  1. Hindari Bayi Agar Tidak Terkena Paparan AC Secara langsung

Bagi orang tua sangat disarankan untuk tidak meletakan bayi pada posisi yang langsung berhadapan dengan udara yang dihasilkan penyejuk ruangan. Karena hal tersebut dapat membuat bayi merasa tidak nyaman. Tidak hanya bayi anda juga diharuskan untuk tidak meletakan box di dekat ataupun dibawah penyejuk ruangan.

Jika temperatur AC baik sudah di atur sedemikian rupa, namun bayi tetap merasa sedikit kedinginan. Maka and dapat memberikan pakaian yang lebih tebal atau memakaikannya sepatu boot yang lembut untuk menutupi kaki bayi.  Selain pakaian anda juga dapat mengenakan selimut yang lebih tebal agar lebuh efektif.

 

  1. Tidak Membuat Suhu Berbeda Ekstrim

Ketika bayi telah terbiasa dengan temperatur AC yang baik, sebaiknya tidak membawanya ke tempat yang suhunya ekstrim atau panas. Peralihan suhu secara tiba-tiba dari suasana dingin ke panas dapat membuat bayi tidak nyaman dan terjadi riskan padi si kecil. Apabila hendak membawa bayi keruangan lebih panas, maka lebih baiknya mematikan penyejuk ruangan terlebih dahulu.

Setelah mematikan penyejuk ruangan, biarkan bayi secara perlahan menyesuaikan suhu sebelumnya pada kamar sebelum membawanya keluar. Hal ini sebenarnya tidak hany pada ruangan, namun juga berlaku pada suhu mobil. Ketika anda membawa bayi yang baru lahir berkendara, maka tetap lakukan konsep yang sama.

  1. Menjaga Suhu Ruangan Tetap Lembab

Ketika menggunakan penyejuk ruangan untuk mengatasi rasa panas dan gerah, maka sering kali kulit kita akan menjadi kering, terlebih jika dalam jangka waktu yang lama. hal ini serupa juga akan terjadi pada kulit bayi, meskipun temperatur sudah disesuaikan dengan kenyamanan bayi namun orang tua tetap harus memperhatikan kelembapan kulit bayi.

Kulit bayi yang kering dapat diatasi dengan penggunaan pelembab khusus atau oil yang aman untuk menjaga tubuh bayi. Untuk mendapatkan temperatur AC yang baik untuk bayi, tidak sedikit perempuan yang menyarankan untuk meletakan semangkok air untuk membatu mengurangi kekeringan. Hal tersebut juga dapat digunakan untuk menjaga suhu ruangan tetap lembap.

  1. Mematikan AC Selama Pemakaian 3 Jam

Untuk mendapatkan udara yang lebih sejuk dan segar untuk bayi ada dapat mematikan penyejuk ruangan setelah pemakaian tiga 3. Setelah itu, disarankan untuk membuka jendela. Hal ini dilakukan agar sirkulasi udara berjalan dengan baik, dan sih kecil juga mendapat udara segar dari luar.

Hal ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pada bayi yang baru lahir, pasalnya ruangan yang tertutup agar suhu penyejuk ruangan tetap optimal menjadikan bakteri dan virus berkembang biak dan berputar pada ruangan yang itu saja. Oleh karena itu penting untuk anda mematikan penyejuk ruangan selama tiga jam dan membuka jendela.

Selain membuka jendela, untuk menjaga anak dari bakteri dan virus yang berkembang di ruangan, anda juga dapat menggunakan beberapa pengaturan atau fitur yang telah disediakan pada penyejuk ruangan. Yang mana fitur-fitur terebut memiliki keunggulan masing-masing yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, termasuk membasmi virus dan bakteri dengan teknologi tinggi.

  1. Melakukan Pengecekan dan Pembersihan AC Secara Rutin

Bagi anda yang menggunakan penyejuk ruangan, sangat disarankan untuk selalu berhati-hati terhadap kondisi filter pendingin. Karena penyejuk ruangan sering kali mengakibatkan mikrooganisme seperti tungau debu yang berbahaya bagi kesehatan bayi beserta keluarga yang berbeda dalam ruangan tersebut.

Agar tetap aman dan terjaga, maka diharuskan untuk selalu menjaga kebersihan filter udara. Periksa secara rutin untuk mendapatkan udara yang bersih dan temperatur yang baik serta efisien. Selain memeriksa filter udara anda juga diharuskan memeriksa alat-lat lainnya untuk apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Hal tersebut sangat penting dilakukan, karena beberapa alat yang rusak pada penyejuk ruangan dapat mengurangi performa dalam menghasilkan suhu yang nyaman untuk keluarga. Jika terjadi kerusakan pada suatu bagian atau alat seperti pipa AC, sparepart dan beberapa bagian lainnya maka and dapat mengunjungi https://polarin.co.id/ sebagai jasa penyedia berbagai alat berkualitas untuk AC

Demikian beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengatur temperatur atau suhu penyejuk ruangan yang baik untuk bayi. Beberapa hal tersebut sangat penting dilakukan seperti mempertahankan suhu kisaran 23 sampai dengan 26 derajat, hingga dengan pembersihan AC untuk mendapatkan suhu yang prima dan sehat bagi kesehatan tubuh.

 

 

Yuk Intip 7 Tips Mengatur Temperatur AC Yang Baik Untuk Bayi Baru Lahir
Scroll to top