Cendrawasih ternyata bukan sekedar nama sebuah burung, daerah, bangunan, ataupun nama jalan. Cendrawasih juga dikenal sebagai nama tarian di beberapa daerah. Di tempat asalnya sana, yakni Papua, tarian cendrawasih merupakan salah satu tari tradisional yang sering dilakukan oleh penduduk asli papua saat menyambut tamu tertentu. Beberapa tarian cendrawasih juga dilakukan sebagai simbol rasa syukur dalam upacara adat. Dan dalam perkembangannya, tarian cendrawasih juga ditampilkan di berbagai acara dan seremoni tingkat provinsi hingga nasional. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata ada tari cendrawasih yang juga berasal dari wilayah lain di Indonesia? Di pulau Dewata, ada sebuah tari cendrawasih Bali yang kerap ditampilkan dalam beberapa acara.

Ya, tari cendrawasih Bali merupakan salah satu tari Bali yang cukup populer. Meski selama ini tari kecak jauh lebih populer dibandingkan jenis tarian lain, tapi tari cendrawasih bali memiliki porsi tersendiri dalam tatanan adat dan budaya masyarakat Bali. Biasanya tari cendrawasih dari Bali ditampilkan oleh dua orang penari perempuan. Gerakannya pun mengikuti gerakan burung cendrawasih jantan yang hendak merayu burung cendrawasih betina saat musim kawin tiba. Ilustrasi tersebut tercermin dari gerakan yang indah, anggun, dan mempesona. Tak hanya itu saja, para penari pun mengenakan baju khusus dengan aksesori yang juga mirip dengan apa yang ada pada tubuh burung cendrawasih. Perpaduan ini seolah menjagi pengingat bagi para penonton, bahwa burung cendrawasih bukan sekedar fauna, tetapi sebuah warisan yang harus dijaga.

Jika ditarik mundur ke belakang, sejarah tari cendrawasih bali berasal dari I Gede Manik yang pertama kali mempertontonkan tarian ini. I Gede Manik memperkenalkan tarian ini pertama kali pada medio 1956 di Kabupaten Buleleng yang juga merupakan asal muasal beberapa tari khas Bali lain seperti Palawakya, Wirangjaya, dan juga Trunajaya. Meski sekarang tarian cendrawasih memiliki gerakan yang berbeda dari yang pertama kali ditampilkan, tapi tarian ini masih mengikuti gerakan khas burung dari Papua itu. Itulah sekilas informasi tentang tari cendrawasih Bali.

Tari Cendrawasih Bali
Scroll to top