Kapas adalah sebuah jenis tumbuhan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat masa kini sebagai salah satu tumbuhan yang seratnya sangat berguna dan dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan. Tumbuhan ini juga mash merupakan tumbuhan semak yang masih bersaudara dengan pohon kapuk dengan tinggi batang yang menyerupai pohon besar pada umumnya. Kapas merupakan produk pertanian yang sangat menguntungkan karena berat total dari produksi kapas pada sebuah pohon akan mengalami penyusutan hanya sebesar 10 persen ketika kapas sudah selesai diolah.

Dalam dunia pengobatan tradisional di Indonesia kapas juga memiliki beberapa macam fungsi pengobatan menggunakan buah, daun dan akar semak kapas. Ada banyak masalah kesehatan yang bisa diselesaikan dengan tumbuhan kapas ini dan saat ini seni pengobatan tradisional menggunakan kapas masih sering digunakan pada daerah yang memang memiliki banyak tumbuhan kapas. Sebagai sebuah jenis tumbuhan semak kapas juga sangat mudah tumbuh di mana saja tapi saat ini Indonesia masih bukan merupakan salah satu dari produsen kapas terbesar di dunia.

Saat ini kapas sebagian besar masih digunakan untuk beragam produksi tekstil terutama kain. Hampir semua kain yang ditemukan di pasaran dan benda-benda yang dibuat menggunakan serat dibuat dari kapas atau memiliki campuran kapas pada serat tersebut. Buah kapas masih menjadi bagian yang paling berguna pada batang kapas dan merupakan komoditi besar pada beberapa negara.

Pohon Kapas Tumbuhan Semak Tropis dan Sub Tropis
Scroll to top