Kerusakan atau permasalahan yang terjadi pada motor yang anda kendarai tentunya sangat meresahkan karena bisa membahayakan keselamatan anda. Contoh nya yaitu ketika sekring motor tiba-tiba meleleh. Sekring atau yang biasa disebut fuse ini berfungsi untuk pengaman arus kelistrikan kendaraan, sehingga apabila terjadi korslet atau arus listrik naik, sekring secara otomatis memutus aliran tersebut. Namun terkadang terjadi kerusakan pada sekring ini, seperti ketika arus naik, sekring ini tidak terputus tetapi malah meleleh pada bagian plastik isolator nya. Hal ini tentunya sangat berbahaya apabila dibiarkan terus-menerus karena bisa menimbulkan kebakaran.

 

Beberapa Penyebab Sekring Motor Meleleh

Sekring motor yang fungsi nya untuk pengaman kelistrikan arus kendaraan tersebut ternyata bisa saja mengalami kerusakan, yaitu meleleh. Hal tersebut sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kebakaran pada kendaraan anda. Namun anda tidak perlu panik, segera bawa motor anda ke bengkel resmi untuk segera diperbaiki. Sebelum memperbaiki motor anda, tidak ada salahnya mencari tahu terlebih dahulu terkait faktor yang menyebabkan sekring motor anda meleleh. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat menyebabkan sekring motor meleleh.

 

  • Kualitas Sekring yang Jelek

Sekring ini dibuat dengan ukuran dan bahan khusus yang bisa secara otomatis terputus ketika menerima arus listrik dengan nilai tertentu. Sekring ini terbuat dari logam dengan bentuk pipih serta dilapisi oleh plastik isolator dengan warna bermacam-macam. Namun jika plastik isolator yang melapisi sekring tersebut meleleh, berarti plastik tersebut tidak kuat menahan panas yang dihasilkan. Sehingga, kualitas sekring ini harus dibuat sebaik mungkin agar tidak gampang meleleh dan menimbulkan hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran.

 

  • Penggunaan Sekring Tidak Sesuai Ukuran

Penyebab sekring meleleh yang selanjutnya adalah penggunaan sekring yang tidak sesuai ukuran. Misalnya, apabila motor anda seharusnya menggunakan sekring dengan ukuran 5A namun diganti dengan ukuran 10A dikarenakan sering terputus, namun yang terjadi sekring tersebut malah jadi meleleh. Sekring memang dibuat sedemikian rupa terputus ketika menerima arus istrik yang tinggi, sehingga apabila sekring sering terputus, hal itu menandakan ada yang tidak beres pada sistem kelistrikan kendaraan anda. Ketika sekring 5A yang sering terputus diganti dengan 10A, sekring menjadi tidak bisa terputus dikarenakan ukurannya memang berubah menjadi lebih tinggi, sehingga pada akhirnya hanya bisa meleleh ketika menerima arus atau suhu yang sangat tinggi. Untuk mengatasi hal tersebut, penggunan sekring harus disesuaikan dengan ukuran nya dan tidak boleh sembarang diganti ukuran, karena hal tersebut dapat menimbulkan sekring jadi meleleh.

 

  • Pemasangan Sekring yang Kurang Tepat

Hal lainnya yang dapat menimbulkan sekring meleleh adalah pemasangan sekring yang kurang tepat. Pemasangan sekring ini harus benar-benar rapat dan tepat, serta tidak boleh ada celah sedikitpun dan tidak boleh ada bagian yang longgar. Sekring harus terpasang dengan rapat dan sempurna agar ketika terdapat arus listrik yang tidak stabil, tidak akan muncul bunga api pada celah yang bisa menimbulkan sekring jadi panas dan meleleh.

Nah, itulah merupakan hal-hal yang dapat menyebabkan sekring menjadi meleleh. Kerusakan pada sekring ini harus ditangani dan diperbaiki dengan segera karena akibatnya sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kebakaran. Agar kerusakan pada sekring dapat ditangani dengan tepat, bawa kendaraan anda ke bengkel resmi untuk diperbaiki oleh petugas bengkel yang ahli dalam bidang nya. Selain itu, bagi anda yang tertarik seputar dunia otomotif, silahkan kunjungi situs https://mamangbengkel.com/. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

Penyebab Sekring Motor Meleleh
Scroll to top