Setelah mengetahui sejumlah penyebab dari pada kolik yang dialami oleh bayi, kini pada saatnya bunda berusaha supaya kolik itu tidak menyerang bayi lagi. Lantas, kiranya apa saja penyebab kolik pada bayi dan bagaimana usaha yang dijalankan untuk mencegah adanya kolik?

Pastikan Bayi Anda Dalam Keadaan Kenyang

Sangat tidak diperkenankan bayi dalam kondisi lapar. Hal ini berbahaya bagi kesehatan hingga keselamatan dirinya. Oleh karena itu, bunda pun harus pastikan bahwa si kecil dalam keadaan kenyang.

Karena salah satu faktor yang menyebabkan bayi kolik adalah lapar. Dengan rasa lapar yang menghantuinya, karena bayi belum bisa berbicara, pun ia pada akhirnya menangis. Bahkan tak kunjung berhenti sebelum anda memberinya ASI.

Oleh karenanya, pastikan bayi anda kenyang dan segala kebutuhan mengenai ASI tercukupi. Apabila bayi dalam keadaan kenyang, maka ia tidak akan menangis atau menglami kolik.

Sering Kali Mengganti Posisi Bayi

Barang kali bayi anda mengalami kolik karena merasakan bosan akan posisi yang begitu-begitu saja. Oleh karena itu, kami sarankan supaya mengganti posisi bayi sesering mungkin pada saat ia sedang digendong.

Posisi bayi yang sama dalam jangka waktu yang lama membuatnya jenuh dan tubuh terasa tidak enak jadinya. Maka dengan mengubah posisinya dalam jangka waktu beberapa menit sekali menjadikan bayi lebih tenang.

Gunakan Dot untuk Bayi

Bisa jadi bayi anda mengalami kolik karena lapar, sementara anda sibuk dengan pekerjaan lainnya. Oleh karena itu, untuk menjadikan bayi lebih tenang meskipun anda memegang pekerjaan lain, mungkin bisa memberinya dot.

Dot dengan susu formula yang kaya akan protein menjadikan bayi mendapatkan asuhan sehingga ia jauh lebih tenang. Apabila sudah kenyang, maka bayi tidak akan menangis lagi.

Pastikan Bayi dalam Keadaan Aman dan Nyaman

Sering kali terjadi beberapa kasus, bayi bisa melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat orang dewasa. Sehingga dirinya merasa takut dan terancam. Oleh karena itu, pelukan ibu sangat dibutuhkan.

Karena dengan ada di pelukan ibu, bayi anda akan merasa lebih aman dan nyaman dari gangguan yang mencoba mencelakai. Pastikan bayi anda merasa tenang setelah dipeluk oleh ibunya.

 

Penyebab Kolik Pada Bayi dan Mencegahnya
Scroll to top