Keyword : pegal di jempol tangan

Apabila saat ini anda ingin mengetahui penyebab pegal pada jempol tangan, bisa simak ulasan ini sampai selesai. Mengingat penyebab jempol anda pegal atau bengkak itu sangat beragam. Ada yang pegal karena kecapekan biasa, ada juga yang sampai bengkak karena ada sesuatu yang serius.

Jempol atau ibu jari merupakan salah satu anggota tubuh kita yang sering anda gunakan untuk memudahkan aktivitas sehari-hari. Namun sangat disayangkan karena ibu jari ini jarang sekali mendapatkan perhatian khusus. Terbukti jempolan jari tangan ada yang sanpai mengalami pembengkakan karena adanya masalah dalam tubuh manusia.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa penyebab jempol tangan anda pegal dan sampai mengalami pembengkakan. Selengkapnya berikut ini penjelasannya:

  1. Penyakit autoimun

Kita ketahui bersama kalau daya tahan tubuh manusia itu memang dirancang untuk melawan virus dn bakteri yang menyerang tubuh. Kalau pada penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuh manusia justru menyerang sel yang ada dalam tubuh. Biasanya gejala ini ditandai dengan jempol yang bengkak, lebih mudah lelah, rambut rontok, dan sulit untuk konsentrasi.

  1. Infeksi

Ketika anda baru saja digigit oleh serangga maka jempol anda bisa saja bengkak. Hal ini terjadi karena terjadi resistansi antibiotik. Selain itu gejala lain yang sering dialami adalah terasa nyeri, demam, dan kemerahan.

  1. Terkilir

Penyebab selanjutnya jempol anda pegal karena terkilir. Kondisi jempol terkilir atau kesleo ini sering dialami oleh para atlet. Ketika jempol kesleo maka bisa membuat jempol anda terasa kaku dan sulit bergerak.

Pada pembahasan selanjutnya, setelah anda mengetahui beberapa penyebab jempol anda pegal-pegal hingga bengkak. Maka sebelum anda memeriksakan diri ke dokter maka anda bisa mencoba untuk melakukan perawatan mandiri dulu di rumah. Ketika anda melakukan perawatan di rumah maka anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini :

  • Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah mengompres dengan air es untuk mengurangi pegal-pegal dan bengkak pada jempol tangan.
  • Kemudian anda perlu mengurangi asupan garam agar tidak sampai ada penumpukan cairan pada tubuh anda.
  • Bisa menggunakan campuran minyak esensial agar bengkak dan nyeri bisa reda.
  • Selain itu anda juga bisa meredam jempol anda dengan air garam untuk tujuan relaksasi dan penyembuhan.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa penyebab dan cara mengatasi pegal pada jempol tangan. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda ketika jempol anda pegal-pegal atau bengkak.

Penyebab dan Cara Mengatasinya Pegal Pada Jempol Tangan
Scroll to top