Teknologi yang terus berkembang dengan pesat menyebabkan dunia beralih ke era digital. Di era digital seperti sekarang tentunya sangat sulit untuk tidak melibatkan diri dengan berbagai hal yang berhubungan dengan teknologi seperti internet karena era digital telah menyebabkan terjadinya perubahan pada kebiasaan manusia.

Sebelum menjelajah internet, seseorang akan membutuhkan web browser atau peramban untuk memudahkan aktivitasnya berselancar di internet. Pengertian web browser yang juga disebut situs penjelajah ini adalah software atau perangkat lunak yang digunakan untuk mencari, mengakses serta menampilkan halaman web, terutama situs atau website serta berbagai konten lain di internet.

Cara Kerja Web Browser

Pixabay.com

Cara kerja web browser adalah dengan menerjemahkan halaman situs web yang dikirim oleh Hypertext Transfer Protocol atau HTTP/HTTPS maupun Protocol Transfer Filie atau FTP sehingga menjadi konten yang dapat dibaca manusia.

Web browser umumnya mendukung plugin-plugin eksternal yang dapat mendukung kinerja web browsersehingga kinerja perangkat lunak yang satu ini dapat bekerja dengan lebih maksimal, misalnya plugin untuk mendukung pemblokiran iklan, pemutaran video dan lain-lain.

Pengertian web browser yang merujuk pada perangkat lunak penjelajah situs ini secara langsung memberikan informasi bahwa fungsi utama dari web browser adalah untuk membantu penggunanya untuk menemukan dan menjelajah situs yang diinginkan. Namun, fungsi web browser tidak hanya itu. Secara umum, fungsi web browser ada lima.

Fungsi web browser yang pertama adalah memberikan dukungan kepada penggunanya untuk mendapatkan akses ke berbagai mesin mencari seperti Yahoo, Google dan sebagainya. Selain itu, web browser juga berperan dalam menerjemahkan script menjadi tampilan yang menarik,  dan menampilkan situs atau halaman website.

4 Jenis Web Browser Paling Populer

Pixabay.com

Web browser juga bertanggung jawab untuk menjamin keamanan situs website yang dikunjungi serta mendukung proses penyimpanan data pada halaman secara offline. Web browser ada banyak macamnya mulai dari yang populer hingga yang biasa saja. Berikut ini beberapa web browser yang umum digunakan.

  1. Google Chrome

Google Crome adalah salah satu web browserbesutan Google yang paling populer di antara web browser yang ada saat ini, terutama di kalangan orang awam yang pemahamannya hanya sedikit tentang IT. Google Chrome dan fitur unggulannya memang mampu memikat banyak pengguna sehingga membuat web browser yang satu ini paling banyak diakses.

Google Chrome dibekali dengan fitur dasar yang pasti dimiliki oleh setiap web browser. Selain itu, web browser yang satu ini juga didukung oleh HTML 5, CSS 2.2, multi tab, Javascript dan private mode.

  1. Mozilla Firefox

Firefox adalah web browser yang relatif aman jika dibandingkan dengan web browser yang lain. Selain mengedepankan sisi keamanan dalam berselancar di dunia maya, web browser yang satu ini juga dilengkapi dengan add-on yang sangat bervariasi dan dapat dikembangkan oleh para pengembang dari seluruh dunia.

Firefox dibekali dengan menu konfigurasi yang lebih lengkap. Selain itu, ukuran aplikasi web browser yang satu ini juga sangat kecil, kurang dari 5 MB sehingga Firefox sering dijadikan pilihan sebagai web browser di banding web browser yang lain.

  1. Opera

Opera menjadi web browser yang banyak dipilih untuk menemani kegiatan berselancar di dunia maya selain Google Chrome karena web browser yang satu ini memang memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh web browser yang lain. Salah satu kelebihan dari Opera Mini adalah web browser yang satu ini kinerja atau performanya yang cepat.

Web browser ini dapat beroperasi lebih cepat 64 persen dari UC Browser dan 72 persen dari Google Chrome. Dengan performa yang cepat, web browser yang satu ini dapat membantu penggunanya untuk menghemat penggunaan data hingga 90 persen. Dengan kata lain, proses mengunduh data pun dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Selain kecepatan kinerjanya serta mampu menghemat penggunaan data, Opera Mini  juga dapat menghemat konsumsi daya hingga 14 persen. Web browser yang satu ini dilengkapi dengan fitur ad-blockersehingga dapat menghalau iklan dan membuat penggunanya tak lagi merasa terganggu dengan iklan yang terus bermunculan saat berselancar di dunia maya.

  1. Internet Explorer

Siapa yang tidak kenal dengan Internet Explorer, web browser besutan Microsoft yang menjadi web browser bawaan pada sistem operasi Windows. Walaupun web browser ini telah resmi berhenti beroperasi pada tahun 2015 lalu, namun masih banyak yang menggunakan web browser ini karena Internet Explorer yang tak diperbarui dalam frameworks terbaru masih dapat berfungsi normal.

Web browser di atas dapat diunduh pada apkpure.co.id selaku situs khusus penyedia aplikasi. Situs apkpure.co.id tersebut sangat cocok bagi Anda pengguna Android yang sedang mencari web browser maupun aplikasi untuk dipasang di perangkat Android Anda.

Pengertian Web Browser
Scroll to top