Markisa adalah buah yang banyak hidup di Amerika dan bagain negara lain. Sedangkan di Indonesia sendiri buah ini berkembang cukup signifikan. Bahkan bisa dikatakan bahwa ia mempunyai pertumbuhan secara cepat. Ia mempunyai karakteristik yang menarik bisa terlihat dari visual buah sampai dengan apapun yang ada padanya. Markisa memiliki bentuk lonjong dan warna kulit cerah. Saat sudah matang kulit buah yang hijau akan berubah menjadi kuning.

Ia tumbuh dengan secara menjalar. Untuk buahnya sendiri bergelantungan. Bagi Anda yang ingin melakukan budidaya markisa juga tak perlu khawatir. Pasalnya, markisa termasuk buah dengan perawatan yang cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan pemilihan bibit berkualitas. Hingga pada akhirnya mampu mendapat buah dengan mutu unggulan.

Pembibitan sendiri bisa dilakukan sendiri karena tahapnya yang cukup mudah. Bahkan bisa dikatakan bahwa fase pembibitan tak membutuhkan waktu lama. Ia hanya memperlukan waktu kurang lebih 3 hari untuk menumbuhkan akar. Setelah dikira cukup kuat. Maka yang selanjutnya dilakukan adalah pemindahan markisa ke lahan yang lebih luas. Perlu diingat bahwa tahap ini sering mengalami kesalahan.

Sehingg ada baiknya lahan yang digunakan tidak jauh berbeda dari unsur yang ada pada proses pembibitan. Selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah pemeliharaan pohon sampai masuk fase panen. Anda benar pada dasarnya ia tidak membutuhkan banyak perawatan rumit. Cukup berikan air sekaligus pupuk sesuai kebutuhan.

Sedangkan untuk klasifikasi tanaman markisa ini cukup menarik. Sebab, ia memiliki kingdom yang memang tak seperti buah pada umumnya. Baiklah, langsung saja masuk pada bagian kingdom yaitu plantae. Berikutnya masuk pada infra kingdom berupa Streptophyta. Sub kingdom terisi oleh Viridiplantae. Devisi-nya Tracheophyta.

Selanjutnya, Sub devisi berisikan Spermatophytina. Kelas pada buah markisa ialah Magnoliopsida. Ordo terisi oleh Malpighiales. Super Ordo yaitu Rosanae. Familinya Passifloanceae. Genus markisa ialah Passiflora L, dan terakhir spesienya adalah Passiflaora Edulis Sims. Seperti itulah klasifikasi dari buah markisa. Ia memang menjadi cukup dominan bahkan menarik untuk diteliti lebih lanjut.

Pengertian dan Klasifikasi Markisa
Scroll to top