Mobil merupakan kendaraan beroda empat yang biasa dimanfaatkan untuk membawa pemiliknya dari satu tempat ke tempat lain yang artinya hanya digunakan sebagai alat transportasi secara umum. Namun, di antara berbagai jenis mobil yang ada, dikenal jenis mobil yang disebut dengan nama mobil sport yang dibanderol dengan harga fantastis.

Jenis mobil yang satu ini adalah mobil yang mengutamakan pengendalian serta performanya. Umumnya, jenis mobil ini berbentuk coupe 2 pintu, tetapi ada juga yang berbentuk sedan atau hatchback namun dalam versi kemampuan tinggi. Mobil bentuk coupe bermacam-macam, ada yang benar-benar 2 pintu, ada yang liftback 3 pintu. Ada pula mobil dengan model convertible yang bagian atapnya dapat dibuka.

Fungsi dan Karakteristik

Fungsi mobil ini yang menawarkan kecepatan berkendara yang lebih dari kecepatan mobil biasa menjadi salah satu alasan mengapa jenis mobil ini disukai. Orang-orang yang memiliki jenis mobil ini dengan alasan kecepatan berkendara dapat berakhir pada aktivitas balapan di jalan raya. Namun, ada juga alasan lain yang mungkin membuat orang ingin memilikinya misalnya untuk pamer dan lain-lain.

Mobil jenis ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibanding mobil tipe standar sehingga jenis mobil ini umumnya diproduksi oleh produsen mobil yang memproduksi mobil mewah seperti Porsche, Jaguar, Lamborghini, dan Ferrari. Deretan nama pabrikan tersebut sudah dikenal sebagai produsen mobil sport terpercaya di dunia.

Asuransi Kecelakaan

Sebagai jenis mobil mewah yang dibanderol dengan harga selangit, asuransi mobil ini pun sedikit berbeda dari asuransi mobil biasa. Pasa dasarnya, asuransi mobil ini dan mobil biasa sama, tetapi yang membedakan adalah harga suku cadangnya.

Tidak seperti suku cadang mobil biasa yang harganya lebih terjangkau, suku cadang mobil tipe sport sangat tinggi sehingga biaya asuransi yang harus ditanggung pun lebih besar. Selain itu, biaya perbaikan untuk mobil bertipe sport pun cukup mahal karena spare partnya bersifat khusus dan harus diimpor. Karena itulah tidak semua perusahaan asuransi bersedia untuk menjamin.

Selain itu, perbaikan mobil tipe sport juga hanya dapat dilakukan di bengkel khusus yang artinya juga membutuhkan dana khusus. Karena itulah sebelum membeli mobil bertipe sport, sebaiknya pertimbangkan matang-matang.

Secara umum, ada dua kategori asuransi untuk mobil baik tipe sport maupun mobil biasa, yaitu Total Loss Only (TLO) dan All Risk (Comprehensive). Kedua kategori asuransi ini memiliki ketentuan serta kondisi berbeda-beda yang harus dipenuhi sebelum dapatmengajukan klaim asuransi.

  1. Total Loss Only (TLO)

Asuransi TLO alias Total Loss Only merupakan asuransi kendaraan yang hanya dapat diajukan klaimnya apabila terjadi kehilangan secara total. Artinya, mobil hilang karena dicuri atau mengalami kerusakan yang mencapai 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian.

Jika kerusakan yang dialami kurang dari 75 persen, maka Anda tidak akan mendapatkan ganti rugi dari kerusakan yang telah terjadi. Angka 75 persen ini didapatkan dari fakta bahwa mobil yang mengalami kerusakan hingga 75 persen sudah dipastikan tidak dapat digunakan kembali.

Kelebihan asuransi Total Loss Only atau TLO jika dibandingkan dengan asuransi All Risk adalah biaya preminya yang relatif lebih rendah sehingga Anda dapat mengalihkan dana yang tersedia untuk hal lain misalnya perawatan kendaraan.

Namun, pengajuan klaim yang hanya dapat dilakukan saat mobil menerima kerusakan secara penuh menjadi kekurangannya karena kemungkinan mobil mendapatkan kerusakan yang sangat berat di lapangan sangat  rendah. Sementara itu, apabial mobil mendapatkan kerusakan ringan Anda harus kembali mengeluarkan uang untuk biaya perbaikan.

  1. All Risk (Comprehensive)

All Risk atau Comprehensive merupakan jenis asuransi yang dapat menanggung setiap jenis kerusakan yang diterima oleh mobil baik kerusakan ringan, kerusakan berat hingga kehilangan. Kerusakan mobil ringan yang berupa lecet kecil pun dapat diajukan klaimnya kepada perusahaan asuransi. Hal inilah yang menjadi kelebihan dari asuransi All Risk dibanding asuransi TLO.

Namun, selain kelebihannya yang dapat menanggung segala jenis kerusakan, asuransi All Risk juga memiliki kekurangan yaitu biaya preminya yang cenderung lebih mahal dibanding asuransi Total Loss Only atau TLO.

  1. Asuransi Bencana Alam

Selain kedua jenis asuransi di atas, ada pula asuransi bencana alam yang dapat diajukan untuk melindungi kendaraan termasuk mobil sport. Asuransi bencana umumnya memberikan jaminan akan menanggung semua kerusakan yang terjadi pada kendaraan yang disebabkan oleh bencana alam seperti banjir, hujan es, badai, angin topan, tsunami, letusan gunung berapidan gempa bumi.

Mobil berjenis sport dibanderol dengan harga yang sangat tinggi. Karena itulah sebelum memutuskan untuk membeli sebaiknya Anda melihat daftar harga mobil sport terbaru terlebih dahulu. Daftar harga mobil sport terbaru ini akan membantu Anda dalam memutuskan apakah aakan membeli mobil mewah yang satu ini atau tidak.

 

Faedah Mobil Sport dan Karakternya
Scroll to top