Gumoh pada bayi setelah minum susu memang normal terjadi. Karena lambung masih dalam tahap perkembangan. Di sisi lain, gumoh terlalu sering perlu Anda waspadai. Bisa jadi terdapat gangguan kesehatan pada bayi. Lalu, apa saja yang harus Anda waspadai saat bayi sering gumoh?

Normalnya, gumoh akan dialami bayi yang berusia di bawah 1 tahun. Terutama setelah minum susu atau ASI. Selain itu, gumoh tergolong normal, saat bayi tidak rewel, serta tidak mengalami gangguan pernapasan. Jadi, Anda tidak perlu panik.

Namun, waspadalah saat bayi terlalu sering gumoh. Apalagi jika ada tanda berbahaya yang menyertainya. Sudah dipastikan itu pertanda gumoh bayi tidak normal.

Nah, tanda gumoh yang perlu Anda waspadai yaitu, bayi sering gumoh hingga usia 6 bulan, terlihat kesakitan, kesulitan bernapas, cairan gumoh banyak, berat badan tidak naik, serta rewel dan tidak mau menyusu. Bahkan disertai demam.

Jadi, segera periksakan ke dokter jika gumoh diikuti tanda berbahaya di atas. Agar gangguan kesehatan pada bayi bisa ditangani segera.

Itulah  ulasan tentang gumoh pada bayi setelah minum susu. Meskipun gumoh normal bagi bayi, Anda harus mewaspadai tanda bahaya yang menyertainya.

Mewaspadai Tanda Bahaya Pada Bayi Yang Sering Gumoh
Scroll to top