Madu adalah cairan hewan lebah yang berasal dari nektar bunga. Tak heran, jika madu kaya akan manfaat dan begitu digemari banyak orang karena rasanya yang manis. Madu biasanya dimanfaatkan dengan cara dicampurkan pada makanan atau minuman dan akan meningkatkan cita rasa pada sebuah kuliner. Bahkan, madu juga sering dijadikan pengganti gula karena dipercaya lebih sehat.

Meski begitu, madu sebetulnya memiliki kalori yang lebih banyak dibandingkan gula. Satu sendok gula hanya mengandung 16 kalori, sedangkan 1 sendok madu mengandung 22 kalori. Namun, karena madu memiliki rasa yang lebih manis, maka biasanya orang hanya menggunakan sedikit saja dibandingkan dengan gula. Hal ini justru akan mengurangi jumlah kalori.

Rasa manis yang dimiliki madu juga agak berbeda dengan gula. Sumber manis madu berasal dari monosakarida fruktosa dan glukosa. Sedangkan, kebanyakan gula ada campuran pemanisnya. Selain itu, madu memasuki saluran darah secara perlahan, tidak seperti madu yang sangat cepat memasuki aliran darah, sehingga kerap menyebabkan lonjakan glukosa.

Manfaat Rutin Mengkonsumsi Madu

Mengetahui madu begitu cocok dikonsumsi tubuh, maka sebagian orang lebih memilih untuk mengkonsumsi madu dibandingkan dengan gula. Selain yang telah disebutkan, masih ada banyak sekali manfaat madu murni bagi kesehatan bahkan kecantikan yang bisa dirasakan. Apa saja? Berikut ini segelintir manfaat dari mengkonsumsi madu secara rutin:

  1. Sumber energi tubuh

Kurangnya melakukan aktivitas fisik seperti olahraga bisa menjadi salah satu sumber mengapa tubuh mudah lelah. Apalagi, jika aktivitas sehari-hari disibukkan dengan bekerja di kantor atau membersihkan rumah. Untuk mengatasi hal tersebut, madu bisa menjadi solusi yang tepat. Sebab, madu merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh.

Karbohidrat alami yang terkandung dalam madu merupakan sumber energi yang baik. Sehingga, segala lelah pada tubuh bisa segera tergantikan dengan energi yang baru. Bukan hanya itu, madu juga mengandung kalium, kalsium, dan zat besi yang ampuh untuk menjaga kekuatan otot dan tulang, sehingga tidak mudah lelah saat harus melakukan banyak aktivitas.

  1. Menguatkan sistem imun

Madu telah diteliti mampu merangsag tubuh untuk memproduksi sel-sel imunitas. Dengan rangsangan tersebut, metabolism tubuh semakin lebih kuat dan stamina otomatis akan lebih baik. Sehingga, tubuh tidak terasa lelah. Terlebih lagi, madu terbukti memiliki senyawa yang mampu berfungsi untuk melawan bakteri dalam tubuh.

Bakteri yang dimaksud adalah bakteri jahat yang memuat tubuh mudah terserang penyakit. Hal ini bisa diatasi dengan baik, jika Anda mengkonsumsi rutin madu murni. Dengan begitu, bukan hanya untuk meningkatkan imunitas tubuh saja, madu juga bisa menangkal berbagai macam infeksi virus dan bakteri dalam tubuh.

  1. Menekan kolestrol dalam tubuh

Kandungan antioksidan dalam madu juga bermanfaat untuk menekan efek buruk yang ditimbulkan dari kolestrol jahat di dalam tubuh. Antioksidan ini juga dapat membatasi dampak dari kolestrol jahat yang mungkin menyebar ke seluruh tubuh dan mengandap di pembuluh darah. Dengan pengendalian ini, maka kinerja pembuluh darah tidak akan terganggu.

Kolestrol jahat yang terperangkap di dinding-dinding arteri akan menajdi plak keras ketika ia terpapar oleh radikal bebas. Inilah yang akan menyumbat aliran darah di dalam tubuh atau mengendap. Dengan antioksidan, radikal bebas yang masuk bisa dikurangi efeknya, sehingga hal ini akan mencegah kolestrol jahat membentuk plak pada dinding arteri.

  1. Menjaga kulit tampak sehat

Manfaat madu lainnya adalah dalam hal kecantikan. Salah satu manfaatnya adalah membuat kuit nampak lebih cerah dan lembab. Sebab, madu dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di wajah, menyamarkan flek hitam, hingga membuat komedo terangkat. Madu juga mampu memperkecil pori-pori wajah dan membuat kulit tambak lebih halus dan lembut.

Bukan hanya untuk wajah, madu juga baik untuk kesehatan rambut. Madu membuat akar rambut menjadi lebih kuat, berkilau, dan tampak lebih hitam. Pada rambut dengan masalah kutu, maka dapat dengan mudah diatasi juga dengan madu. Jika diaplikasikan dengan benar, berbagai permasalahan kesehatan dan kecantikan bisa memberian efek terbaik.

  1. Menekan resiko diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat banyak menyerang masyarakat di seluruh dunia. Penyakit ini diderita karena maasalah gaya hidup yang tidak sehat, serta hobi seseorang dalam mengkonsumsi kuliner yang terlalu manis. Alhasil, kadar gula dalam darah makin tinggi. Madu bisa digunakan sebagai pemanis alami untuk menggantikan pemanis buatan.

Pada dasarnya mengkonsumsi madu aman bagi tubuh. Hanya saja, konsumen perlu jeli dalam sebelum membeli dan mengkonsumsi madu. Sebelum membeli madu dari toko jual madu asli Semarang, sebaiknya periksa terlebih dahulu kandungannya. Sebab, ada beberapa jenis madu yang tidak cocok untuk sebagian orang tertentu, yaitu madu yang berasal dari nektar Rhododendron.

Manfaat Madu
Scroll to top