Siapa yang tidak tahu dengan kampus bernama universitas gajah mada atau yang biasa dikenal sebagai UGM? Salah satu kampus terbaik baik dari Pendidikan dan kurikulumnya ini merupakan salah satu kampus yang sangat diminati oleh mereka yang sudah lulus dari SMA. Tidak heran karena kampus ini memang menjadi kampus yang meluluskan banyak sekali orang hebat dan tentunya banyak jurusan menarik yang bisa anda saat ini. Kuliah di UGM merupakan salah satu impian banyak siswa dan siswa selepas dari jenjang sekolah menengah atas.

Dengan adanya beragam jurusan yang terakreditasi baik, tidak heran jika kampus ini memang salah satu impian semua orang. Banyak orang hebat yang sudah lulus dari kampus terbaik dan ternama ini. Tentunya anda juga tau bahwa Yogyakarta sebagai kota dimana kampus ini berada merupakan salah satu tempat tinggal terbaik, dari segi suasana, biaya hidup dan lingkungannya menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang ingin kuliah dan tinggal disini.

Tentunya anda yang merupakan anak sma dan sudah mentargetkan kampus ini sebagai tempat kuliah masih bingung bagaimana tips dan trik khusus untuk masuk ke kampus ini bukan? Ada fakta fakta dan juga tips khusus bagaimana jalan anda menjadi lancar untuk masuk ke kampus ini dan tentunya anda akan mendapatkan banyak sekali pengalaman seru sekaligus sangat mengesankan berada di kampus ini.

  1. Ketahui daya tampung jurusan

Salah satu yang harus anda pahami adalah daya tamping jurusan dengan peminatnya. Mengetahui daya tamping tentunya akan membuat anda lebih waspada dan juga bisa anda pikirkan mengenai potensi anda lolos pada jurusan ini. Tentunya anda juga bisa melihat peminat jurusan tahun lalu sebagai salah satu cara mengetahui bagaimana potensi masuk jurusan tersebut. Cobalah untuk mempunyai rencaana program cadangan yang juga anda minati di UGM.

  1. Pahami perbedaan prodi

Banyak yang masih salah mengartikan berbagai program studi yang ada. Ada S1, D3, D4 dan program vokasi lain yang tentunya harus anda ketahui. Prodi juga anda harus pahami, serta jurusan yang anda inginkan berada di prodi apa, jika anda minat jurusan Hubungan Internasional, cari tahu tentang program itu sendiri dan tips masuk ke program tersebebut.

  1. Ketahui syarat masuk UGM

Banyak orang orang yang gagal karena memang tidak teliti dan melewatkan berbagai syarat yang malah menjadi bagian penting. Banyak mencari tahu dan tentukan Langkah dengan benar, banyak diskusi dan juga konsultasi mengenai jurusan yang anda inginkan. Bersikap waspada dan selalu gunakan pikiran yang positif serta dingin.

  1. Punya potensi

Nilai angka memang penting, namun mengetahui potensi diri juga tak kalah penting. Percaya diri dengan kemampuan akan bisa memberikan dorongan semangat tersendiri untuk anda untuk menyaingi banyak orang yang juga berada di posisi yang sama dengan anda. Kembangkan potensi diri sejak dini dan kaitkan dengan program studi yang anda minati. Jika anda ingin masuk HI misalnya, anda bisa coba mulai dengan ikut banyak bimbel iup hi ugm yang akan memberikan banyak pandangan untuk anda.

  1. Ketahui bobot nilai

Bobot nilai setiap prodi tentunya berbeda denga prodi lain. Ketahui setiap bobot nilai dan sesuaikan dengan nilai nilai ujian anda semasa SMA, gunakan kemampuan terbaik agar bobot nilai anda memenuhi syarat prodi yang berkaitan.

  1. Lampirkan rekomendasi sekolah

Rekomendasi sangat penting untuk dilampirkan ketika anda sedang mendaftar. Banyak orang yang salah menduga soal rekomendasi dan hanya ada keterangan bahwa anda benar adalah siswa dari suatu sekolah. Rekomendasi yang diharapkan adalah rekomendasi dari kepala sekolah bahwa anda adalah salah satu orang yang memang berprestasi dengan nilai nilai yang sudah diraih.

  1. Lampirkan sertifikat

Mengenai sertifikat yang banyak dilampirkan, terkadang sertifikat keikutsertaan saja orang orang ramai melampirkannya, akan lebih baik jika sertifkat tersebut merupakan sertifikat nasional atau tingkat yang paling tinggi sehingga akan bernilai lebih.

  1. Ketahui jalur masuk

Jalur masuk kuliah ada banyak dan tentunya bertahap. Ketahui setiap jalur masuk sejak dini, jadi misalkan anda tidak diterima di jalur masuk tertentu, anda bisa mempunyai alternative jalur masuk lain yang bisa anda tempuh, seperti jalur undangan, jalur tes nasional, tes mandiri dan masih banyak lagi tergantung dari kampus dan jurusan yang anda tuju. Jalur masuk juga bisa menjadi jalan anda masuk sehingga tidak fokus pada 1 jalur saja.

  1. Paham mengenai UKT

UKT atau uang kuliah tunggal sudah ditetapkan dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan. UKT setiap prodi berbeda dengan prodi lain sehingga perlu anda ketahui mengenai biaya masuk, uang Gedung, uang tahunan dan lain lain yang sudah ditetapkan dari kampus UGM.

  1. Jujur dengan data diri

Jujur dengan data diri sangat penting dan lakukan usaha yang maksimal agar anda bisa menjadi salah satu bagian dari siswa UGM. Lakukan semua usaha dengan jujur dan punyai tekad serta semangat agar bisa percaya diri dengan kampus pilihan anda.

Fakta Dan Tips Menarik Masuk Kuliah Di UGM
Scroll to top