Sebentar lagi bulan puasa akan tiba, semua orang bergembira dengan kedatangan bulan Ramadhan. Menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan pasti tidak luput dengan namanya takjil. Wah, setiap sore sebelum berbuka biasanya menyediakan beragam makanan makanan yang akan digunakan untuk berbuka puasa. Disamping nasi, kolak merupakan makanan favorit yang terlebih dulu dimakan saat berbuka. Karena memang sifatnya yang manis dan pelepas dahaga. Selain pelepas dahaga, kolak juga menjadi makanan yang sehat dan mengenyangkan untuk dibuat sebagai takjil. Tak heran jika banyak sekali yang memburunya.

Bikin Kolak Ubi Lezat Dengan Bahan Yang Mudah

Bicara soal kolak, Indonesia terkenal dengan banyak jenis kolak, antara lain kolak pisang, kolak tape, kolak kolang kaling hingga  kolak ubi. Ya, kolak ubi jalar yang biasa dimakan dengan dikukus terlebih dahulu. Ternyata bisa dibuat sebagai kolak ubi. Dengan memanfaatkan ubi jalar  anda bisa membuat takjil dari ubi. Nah, cara pembuatannya sangat sederhana.

Anda cukup menyiapkan bahan bahan pembuatan kolak seperti, buah ubi yang sudah di potong kecil kecil sesuai dengan selera anda, air untuk mendidihkan kolak, daun pandan, gula pasir, gula merah, santan dari kelaa, bubuk vanili, garam. Nah, jika anda ingin tambahan bisa menambahinya dengan buah pisang sebagai pelengkap takjil.

Nikmati Kolak Ubi Lezat Saat Berbuka Puasa

Proses pembuatanya pun mudah, setelah anda memanaskan air yang sudah tercampur dengan daun pandan. Masukkan ubi yang sudah terpotong dan biarkan hingga mendidih dan matang. Tambahkan gula pasir, garam dan juga gula merah aduk hingga semua menjadi larut dan tercampur. Berikan vanili dan aduk kembali. Setelahnya, berikan santan dari parutan kelapa lalu aduk terus hingga santan tidak menggumpal. Tunggu sedikit mendidih lalu angkat kolak ubi dan sajikan untuk disantap bersama.

Kolak sehat dari bahan ubi dapat anda nikmati selagi masih hangat dalam sebuah mangkok. Namun, jika anda ingin sedikit menambahi dengan es batu tidak masalah. Rasanya tetap saja enak dan menggoda. Anda bisa mencoba membuat takjil dari kolak ubi untuk diterapkan di rumah anda, selagi sebentar lagi bulan puasa tiba. Berikan santapan terbaik saat berbuka puasa bareng keluarga.

 

Kolak Ubi
Scroll to top