Deskripsi: Ada beberapa cara mengobati mata kuning pada bayi baru lahir seperti melalui suntikan imunoglobulin, foto terapi, dan paparan sinar matahari.

Mata yang sehat adalah mata yang jernih dan juga terlihat hidup. Namun pada beberapa kasus, bayi yang dilahirkan memiliki mata kuning. Apa itu mata kuning pada bayi baru lahir? Kondisi ini biasanya terjadi karena ada indikasi penyakit lain atau kekurangan gizi pada bayi. Bunda perlu segera mengatasi ini karena bisa berakibat fatal terutama jika mata kuning di sebabkan oleh penyakit serius.

Berikut beberapa cara mengobati mata kuning pada bayi baru lahir menggunakan prosedur medis.

Tindakan Pertama Saat Bayi Memiliki Mata Kuning

  • Menyuntik Imunoglobulin

Tindakan pertama untuk mengatasi mata kuning adalah dengan menyuntikkan cairan Imunoglobulin pada bayi yang baru lahir. Biasanya dokter anak melakukan tindakan medis ini apabila bayi memiliki golongan darah yang berbeda dengan ibunya. Bayi akan memproduksi antibodi yang berlebih karena tidak mendapatkannya dari ibu. Antibodi yang berlebih menyebabkan kadar bilirubin naik dan membuat mata bayi terlihat kuning. Dengan menyuntikkan imunoglobulin, antibodi akan berkurang ke kadar normal dan mata bayi akan kembali jernih.

  • Melakukan Foto Terapi

Tindakan medis selanjutnya ialah dengan melakukan foto terapi. Foto terapi merupakan proses menghancurkan bilirubin dengan menggunakan cahaya khusus. Bayi yang terpapar sinar foto terapi akan kembali normal karena kadar bilirubin yang berlebih sebagian sudah hancur. Namun jika akan melakukan tindakan medis ini, biasanya dokter bayi akan melengkapi mata si bayi dengan kacamata khusus agar tidak rusak saat terkena paparan sinar foto terapi.

  • Menjemur dengan Sinar Matahari

Cara lain dan lebih mudah untuk mengobati mata kuning ialah dengan memamparkan sinar matahari secara langsung pada jam sehat yaitu jam 7 hingga 9 pagi. Di atas jam tersebut biasanya sinar matahari sudah kurang sehat. Efeknya sama dengan tindakan medis sebelumnya yaitu kadar bilirubin yang berlebih menjadi berkurang.

Kesimpulan

Ada beberapa cara untuk mengobati mata kuning pada bayi baru lahir mulai dari tindakan medis hingga langkah yang bisa dilakukan dirumah. Meskipun bisa di atasi, Bunda tetap perlu perhatikan bayi jika matanya terus menguning meskipun sudah mendapatkan perawatan. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Kenali 3 Cara Mengobati Mata Kuning pada Bayi Baru Lahir
Scroll to top