Jenis-Jenis Tingkatan Pramuka Indonesia

Di Indonesia, pramuka merupakan suatu kegiatan wajib yang memilikiĀ  tingkatan yang bebeda-beda yang terdiri dari siaga, penggalang, penegak dan pandega.

Artikel:

Pramuka merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh para siswa-siswi sejak umur 7 tahun di tingkat SD hingga SMA. Di dalam tiap tingkat juga terdapat beberapa tingkatan lagi. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai masing-masing tingkatan pramuka Indonesia, mari simak artikel berikut.

  1. Pramuka Siaga

Tingkat paling awal yakni Pramuka Siaga yang ditujukan untuk siswa berusia 7 hignga 10 tahun atau siswa-siswi kelas 1-3 SD. Dalam Pramuka Siaga terdapat tiga jenis tingkatan yang harus dilampau yakni Siaga Mulia, Siaga Bantu dan Siaga Tata. Dengan mengikuti kegiatan secara rutin serta tes tertentu, siswa dapat melanjutkan ke tingkatan berikutnya.

 

  1. Pramuka Penggalang

Ketika sudah menginjak kelas 4 SD hingga tingkat SMP, maka peserta pramuka akan menuju tingkat Pramuka Penggalang. Tingkatan umurnya adalah 11 hingga 15 tahun. Sama seperti sebelumnya, terdapat tiga tingkatan di dalam Pramuka Penggalang. Tingkatan tersebut adalah Penggalang Ramu, Rakit dan Terap.

 

  1. Pramuka Penegak

Usia 16 hingga 20 tahun untuk siswa-siswi SMA dan Universitas sedarajat akan masuk ke kategori Pramuka Penegak. Tingkat ini terdiri dariĀ  dua SKU yakni Penegak Bantara dan Laksamana. Pastikan SKK telah lulus dan memenuhi syarat sehignga dapat melanjutkan ke Pramuka Pandega.

 

  1. Pramuka Pandega

Tingkatan yang satu ini ditujukan untuk usia 21 hingga 25 tahun dan hanya memiliki satu SKK sehingga jika telah menyelesaikan tes dan persyaratan yang ada maka dapat langsung melanjutkan ke Pramuka Garuda.

 

  1. Pramuka Garuda

Bagi Anda yang ingin berperan sebagai pembina, pelatih atau pengurus pramuka lainnya, maka Anda dapat mencoba melanjutkan ke tingkat Pramuka Garuda. Terdapat beragam jenis kursus dan pendidikan tambahan yang perlu diikuti agar dapat menjadi Pembina atau pengurus pramuka.

Itulah tadi tingkatan Pramuka Indonesia. Tingkatan yang beragam tersebut telah disesuaikan dengan umur dan juga kemampuan masing-masing kelompok. Agar dapat melanjutkan ke tingkat selanjutnya, pastikan Anda mengikuti setiap kegiatan pramuka dengan sungguh-sungguh agar lulus dan dapat memenuhi persyaratan yang ada.