Bersantai tentunya tidak harus terpaku ada di dalam rumah saja karena sebenarnya diluar rumah pun bisa yakni dengan menggunakan Gazebo. Anda bisa bersantai ria sambil menikmati udara luar didalam gazebo ini karena bangunan ini punya ruang terbuka yang cocok untuk bersantai ria. Bentuk darii gazebo ini amat beragam, Anda bisa menemukan yang betuknya lingkaran, segi enam sampai segi empat.

 

Perlu Anda ketahui, penyebutan dari gazebo ini di beragam daerah berbeda namanya. Seperti misalnya di Bali, gazebo ini disebut sebagai Bali Bengong. Pastinya ketika Anda berkunjung ke Bali sudah sering melihat bangunan ini mengingat gazebo ala Bali tersebut sudah menjadi salah satu gaya arsitektur khas dari wilayah tersebut. Nah, bagi Anda yang ingin membangun Bali Bengong ini di rumah sendiri atau yang ingin tau lebih dalam mengenainya, silahkan simak hal-hal pentingnya dulu.

 

Penjelasan Seputar Gazebo Ala Bali, Bali Bengong

Gazebo khas Bali bernama Bali Bengong ini amatlah cocok untuk tempat bengong atau bersantai seperti yang saat ini dimanfaatkan masyarakat luas. Ciri utama dari gazebo khas ini adalah punya empat tiang yang dijadikan penyokong utama, lantainya lebih tinggi dari tanah sekitar 30 cm, dan atapnya terbuat dari siap atau alang-alang yang dilengkap dengan mahkota di setiap ujungnya. Ciri utama ini yang membuat Bali Bengong punya keunikan dan keindahannya sendiri dibandingkan gazebo-gazebo lainnya.

 

Dulunya Bali Bengong ini punya fungsi utama untuk menyimpan beragam hasil pangan selama beberapa waktu sebelum hasil pangan tersebut akan dimasukan ke lumbung. Ketika dulu Bali Bengong ini tidak dipergunakan untuk menyimpan hasil pangan, masyarakat Bali akan berkumpul didalamnya dan saling bercerita atau bercengkrama. Akhirnya kegiatan berkumpul dan saling bercengkrama inilah yang menjadi khas dari Bali Bengong sampai saat ini.

 

Hal-Hal yang Harus Anda Ketahui Mengenai Bali Bengong

Untuk kenal lebih dekat dengan Bali Bengong yang merupakan bangunan gazebo ala Bali ini, ada beberapa hal yang harus diketahui. Beragam hal tersebut adalah sebagai berikut:

 

  1. Terbuat Dari Kayu Merbau Utuh

 

Mulai dari lantai sampai semua bagian dari Bali Bengong ini dibuatnya dari kayu utuh jenis merbau yang sudah dilapisi dengan politur. Hal ini menjadi khas dari gazebo tersebut dimana kebanyakan gazebo lainnya adalah gazebo glugu. Nah, alasan dari digunakannya kayu merbau dalam Bali Bengong ini adalah kayu ini yang tahan terhadap air, rayap, mudah ditemukan dan juga dianggap cocok sebagai material gazebo yang hendak dipasang di luar rumah.

 

  1. Atapnya dari Alang-Alang

 

Untuk atap dari Bali Bengong ini sendiri terbuat dari alang-alang yang ditata sedemikian rupa lalu diikatkan pada sebuah bambu. Alang-alang ini merupakan alang-alang yang sudah kering yang telah ditata dan punya tebal lebih dari 20 cm. Tebalnya atap alang-alang Bali Bengong ini akan membuat gazebo tidak mudah bocor dan Anda bisa tetap aman ketika bersantai didalamnya.

 

  1. Struktur Teras Gazebo yang Sebaiknya Di Dak Beton

 

Hal yang harus Anda ketahui berikutnya mengenai Bali Bengong ini adalah prihal struktur teras yang ada terkhusus pada bagian atap teras dan juga kolomnya. Hal ini dikarenakan teras akan menahan beban yang sangat berat yakni berat dari bangunan Bali Bengong ini sendiri dan juga banyaknya orang yang ada didalamnya. Oleh karena itulah akan lebih baik agar teras tempat gazebo ala bali ini dicor terlebih dahulu.

 

Pengecoran harus dilakukan dengan mempergunakan beton dengan ketebalan yang sama dengan dak lantai pada umumnya atau apabila diukur sekitar 10 – 12 cm tebalnya. Dari dak beton inilah nanti Bali Bengong ini akan dibangun dan mampu menjadi pontasi tempat untuk masang beragam tiang struktur gazebo dengan amat kuat. Oleh karena itulah, ketika Anda ingin membuat satu Bali Bengong ini jangan abaikan dak beton pada terasnya ya.

 

  1. Mendukung untuk yang Punya Lahan Terbatas

 

Bagi Anda yang punya lahan terbatas pada rumah tak perlu khawatir karena memang Bali Bengong ini mendukung untuk lahan yang terbatas sekalipun. Anda juga bisa menempatkan bangunan ini tidak hanya di halaman saja tetapi juga di atas teras, di atas garasi mobil sampai di dekat tempat jemuran. SIlahkan manfaatkan lahan-lahan tersisa disekitar rumah dengan baik walaupun lahan terbatas dengan membangun Bali Bengong ini.

 

  1. Mudah untuk Dibangun atau Didapatkan

 

Oleh karena peminat gazebo ala Bali bernama Bali Bengong ini amat banyak, banyak pihak yang dengan mudah menyediakan beragam bahannya ataupun menyediakan barang jadinya. Untuk barang jadi Bali Bengong ini Anda tinggal beli dan pasangkan di tempat yang diinginkan di sekitaran rumah. Tentunya disini Anda tidak bisa untuk memesan ukuran gazebo yang diinginkan ataupun memsan kriteria kayu ataupun pernak-pernik gazebo.

 

Bagi yang ingin mesan Bali Bengong ini secara custom alias sesuai keinginan bisa untuk mencari jasa pembuat gazebo yang banyak tersebar saat ini. Anda bisa menciptakan gazebo ala Bali yang memang terbaik dan diinginkan untuk bersantai. Tentunya apabila memesan secara custom, biaya yang harus dikeluarkan akan lebih banyak lagi dibandingkan membeli yang sudah langsung jadi atau siap pakai.

Mengenal Bali Bengong, Gazebo Bali yang Punya Sejuta Daya Tarik
Scroll to top