Kaktus tumbuh di lahan yang kering atau panas. Hal ini membuat sebagian orang merasa bahwa penanamannya lebih sulit. Padahal, jika mengetahui cara tanam kaktus yang tepat, kaktus bisa ditanam sekaligus dirawat dengan mudah.

Menanamnya pun tidak membutuhkan tempat yang luas. Anda hanya perlu sebuah pot kecil untuk meletakkannya. Dengan modal pot yang nilainya sangat murah, Anda bisa memiliki kaktus yang tumbuh subur di halaman atau dalam rumah.

Memilikinya di rumah bukanlah sebuah kebetulan. Setiap orang memiliki pandangan berbeda terhadap kaktus. Secara, kaktus ini juga bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Manfaat Menanam Kaktus

Perlu diketahui kaktus ini bisa ditanam di Indonesia yang notabenenya beriklim tropis. Kaktus dapat hidup subur. Bahkan bisa menunjukkan keunikannya.

Daya tariknya tidak hanya sebatas pada penampilannya saja. Tetapi, kaktus ini dibawa pulang lantaran memiliki banyak manfaat. Khususnya bermanfaat untuk kesehatan.

Salah satunya ialah meminimalkan risiko terpapar radiasi gelombang elektromagnetik. Contohnya berasal dari wifi, smartphone dan barang elektronik lainnya.

Keberadaan tanaman ini membuat radiasi ini dapat dinetralkan. Netralnya radiasi membuat kesehatan pemilik rumah terjaga. Di antaranya ialah menghindarkan risiko gangguan otak dan mata.

Tidak hanya itu saja, manfaat dari kaktus ialah meningkatkan mood seseorang. Emosional seseorang bisa terkendali. Hal ini disebabkan oleh pikiran yang tidak terfokus pada beban pekerjaan. Melainkan terfokus pada kegiatan yang lebih membahagiakan seperti merawat tanaman dan menikmati keindahannya.

Jenis Kaktus Hias

Perlu diketahui bahwa kaktus ini terbagi menjadi beberapa jenis. Jumlahnya sangat banyak. Anda bisa menentukan jenis mana yang nantinya ditanam dalam pot.

Salah satunya ialah Ariocarpus. Jenis ini termasuk yang paling cantik. Pasalnya, kaktus tersebut memiliki warna yang bervariasi. Di antaranya berwarna putih, merah, ungu dan pink.

Menariknya lagi, kaktus tersebut tidak memiliki duri tajam. Anak-anak akan aman ketika mendekati tanaman ini.

Jenis selanjutnya ialah Astrophytum. Jenis ini memiliki bentuk yang unik. Bentuknya menyerupai bintang. Kemudian bunganya muncul pada ujung tanaman. Warna bunganya juga menarik.

Jenis kaktus lainnya disebut dengan Echinocactus Grusonni. Ciri khasnya ialah bentuknya yang bulat seperti bola. Kemudian pada bagian tubuhnya dipenuhi dengan duri. Durinya ini berwarna kuning kecokelatan.

Warna ini membuat tampilannya lebih mempesona. Kaktus tersebut berasal dari Mexico. Dan jenis ini merupakan tanaman hias paling dicari oleh pencinta kaktus.

Besarnya permintaan akan kaktus ini turut melambungkan nilai jualnya. Harganya cukup mahal. Tetapi, biaya yang dikeluarkan sepadan dengan apa yang ditawarkannya.

Selain yang disebutkan, masih banyak sekali jenis kaktus hias yang menjadi incaran seseorang. Anda bisa menemukan informasinya di situs mystargarden.com.

Cara Menanam Kaktus di Pot

Menanam kaktus merupakan hobi yang positif. Selain bisa dijadikan terapi mental, hobi ini juga menghasilkan. Jika Anda tertarik untuk menekuni hobi ini, informasi tentang cara tanam kaktus ini tampaknya bermanfaat untuk Anda.

Untuk menanamnya, Anda sebenarnya tidak akan mengalami kesulitan. Pasalnya, caranya cukup simple. Kaktus yang ditanam bisa tumbuh subur dan mengeluarkan bunganya yang begitu menawan.

Jika Anda berniat untuk menanamnya, siapkan beberapa hal. Di antaranya adalah pot dan media tanam.

Pot bisa dipilih sesuai keinginan. Tetapi yang terbaik, usahakan agar pot tersebut cukup besar. Tujuannya agar Anda tidak perlu melakukan pemindahan tanaman secara berulang.

Sementara media tanam yang harus disediakan ialah kerikil dan tanah. Ini sudah cukup untuk membuat kaktus hidup.

Untuk penerapannya, masukkan kerikil terlebih dahulu ke dalam pot. Ratakan dan usahakan untuk memasukkannya sekitar 1/3 dari ketinggian pot. Setelah itu, taburi dengan tanah yang sudah disiapkan di atasnya.

Buat lubang pada media tanam tersebut. Pindahkan bibit kaktus yang sudah dibeli. Masukkan ke dalam lubang tanam dan padatkan.

Pada praktiknya, Anda diminta untuk mengangkat bibit beserta tanah yang menempel pada akar. Tujuannya agar tanaman tidak mengalami stress. Artinya, akarnya sudah terbiasa sehingga cepat dalam menemukan sumber makanan.

Setelah ditanam, Anda hanya perlu menyemprotkan air pada media tanam. Ingat, hanya semprotkan air. Bukan malah menggenanginya. Karena tanaman ini sudah menyimpan cadangan sumber air dalam tubuhnya sendiri.

Lakukan penyemprotan beberapa hari. Hal ini ditujukan supaya akar tanaman mulai menancap dengan baik. Dengan begitu, tanaman kaktus akan tumbuh sempurna.

Kesimpulannya, cara tanam kaktus ini tidaklah sulit seperti yang dibayangkan. Anda hanya perlu mempersiapkan material yang tepat untuk media tanamnya. Yakni kerikil dan tanah yang berguna untuk menunjang pertumbuhannya nanti.

Cara Tanam Kaktus Agar Tumbuh Optimal Di Dalam Pot
Scroll to top