Sudahkah Anda mengetahui cara menjernihkan air kolam renang dengan cepat? Jika belum, Anda bisa mencermati prosedurnya di sini.

Table of Contents

Sekilas Tentang Kekeruhan Air Kolam Renang

Kolam renang yang keruh ataupun hijau tampak jorok. Kondisi ini membuat pemiliknya enggan untuk memaksimalkan fasilitas tersebut. Masalahnya, keruhnya air ini menjadi masalah yang paling sering terjadi.

Penyebabnya beragam. Mulai dari kurang tepatnya dalam mengaplikasikan obat, membiarkan kolam dipenuhi kotoran baru, sampai kurang perhatian dalam menjaga seluruh area dan mesin pendukung kolam renang.

Kalau sudah seperti ini, Anda akan malas untuk berenang. Meskipun desain kolam renang kecil yang dimiliki sangat bagus dan ideal, tapi Anda enggan menggunakannya lantaran keruh dan berbau.

Tidak mau mengalami masalah seperti ini, sebaiknya Anda merutinkan perawatannya. Pemeliharaannya wajib dilakukan oleh pemiliknya. Ini bisa berupa pengecekan berkala, sampai mengambil tindakan seperti menyikat, memvacum sampai mengisi kolam dengan air yang baru.

Jika kolam renang terlanjur kotor, Anda perlu melakukan penanganan dengan segera. Penanganan yang dilakukan dengan segera akan membuat kolam tampil seperti sedia kala. Lantas, Anda kembali bersemangat untuk berenang atau sekedar berendam.

Jenis Obat Yang Dibutuhkan Untuk Penjernihan Air Kolam Renang

Penjernihan air kolam renang sendiri memerlukan obat khusus. Setidaknya, ada 3 jenis bahan kimia yang sebaiknya diaplikasikan. Masing-masing memiliki fungsi tersendiri dalam sistem pembersihan. Nah, apa saja bahan kimia yang perlu dipersiapkan?

  1. 1. Kaporit

Obat yang pertama adalah kaporit. Kaporit ini merupakan bahan kimia yang seharusnya disediakan dan diaplikasikan pertama kali. Fungsi utamanya ialah untuk mematikan lumut sekaligus bakteri/kuman yang terdapat dalam air kolam.

Kaporit ini akan memberikan efek pada perubahan warna air kolam. Perubahan warnanya akan terlihat jelas dalam setelah seharian dimasukkan dalam air. Biasanya, warna airnya akan berubah menjadi hijau.

Bahan ini akan bekerja manakala kadar ph air dalam kondisi normal. Kadar ph air idealnya ada di angka 7,2 – 7,4. Jika kadarnya lebih dari itu, kaporit akan sulit bekerja. Oleh karenanya, Anda memerlukan bahan lain untuk menurunkan kadar tersebut.

  1. 2. Soda Ash

Obat selanjutnya ialah soda ash. Obat ini bisa Anda beli di toko penjualan barang-barang kolam renang. Biasanya dalam bentuk bubuk, dan bisa digunakan dengan mudah.

Bahan ini bekerja dengan memunculkan kotoran di permukaan. Maksudnya, kotoran yang baru mengendap akan naik ke pemukaan. Naiknya kotoran ini sedikit banyak menjelaskan seberapa keruh air kolam di rumah Anda.

  1. 3. Tawas

Bahan ketiga adalah tawas. Tawas ini juga memiliki peranan penting dalam cara menjernihkan air kolam renang dengan cepat. Betapa tidak, fungsi utamanya yang mengikat endapan kotoran memungkinkan pembersihannya lebih cepat.

Jika Anda tidak menggunakannya, dikhawatirkan jika pembersihannya tidak akan maksimal. Alasannya ialah endapan ataupun kotoran malah menyebar. Menambah kondisi kolam semakin keruh dan sulit untuk diangkat.

Prosedur Untuk Menjernihkan Kolam Renang

Ketika Anda telah menyediakan obat yang disebutkan di atas, kini saatnya melakukan penjernihan. Penjernihan air kolam perlu dilakukan secara berurutan. Dan Anda memerlukan bantuan alat filter, pompa air dan vacuum kolam. Untuk langkanya sendiri sebagai berikut.

  1. 1. Mengaplikasikan Kaporit di Pagi Hari

Prosedur pembersihan kolam yang pertama dimulai dengan mengaplikasikan kaporit. Kaporit dicampur dengan air. Lalu dimasukkan ke beberapa sudut kolam.

Waktu penaburan sebaiknya dilakukan di pagi hari. Setelah menaburkannya, nyalakan filter air selama kurang lebih 8 jam tanpa henti.

Mesin ini dinyalakan bukan tanpa alasan. Kinerja mesin ini tidak lain untuk memudahkan kaporit bercampur dengan air secara menyeluruh. Ketika sudah tercampur, kaporit akan segera bekerja.

Setelah itu, diamkan selama seharian sambil mematikan mesin. Biasanya, warna air akan mulai berubah. Ini menjelaskan bahwa kaporit bekerja dengan baik.

  1. 2. Mengaplikasikan Soda Ash dan Tawas di Sore Hari

Prosedur selanjutnya ialah memasukkan soda ash dan tawas ke dalam kolam. Pengaplikasiannya dilakukan di sore hari. Hal ini ditujukan untuk memunculkan kotoran ke permukaan. Dan endapan lumpur ataupun kotoran bisa menggumpal. Diamkan dan lihat hasilnya di pagi hari.

  1. 3. Melakukan Penyedotan

Pagi hari tiba, saatnya Anda melakukan pembersihan secara menyeluruh. Langkah awalnya ialah memanfaatkan jaring. Jaring digunakan untuk mengangkat kotoran yang terlihat di permukaan akibat pengaplikasikan soda ash.

Sementara untuk endapan kotoran halus, Anda perlu memanfaatkan vacuum kolam renang. Gunakan vacuum untuk menyedotnya. Dan jangan lupa untuk mengeluarkan kotoran ini melalui saluran pembuangan air.

Langkah finalnya adalah menyalakan filter air. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa air kembali bersih. Itulah cara menjernihkan air kolam renang dengan cepat yang bisa Anda coba di rumah.

Cara Menjernihkan Air Kolam Renang Dengan Cepat
Scroll to top