Cara Menghilangkan Rayap Di Kayu dan Mencegah Serangga Ini Muncul Lagi

Kayu menjadi salah satu bahan yang sangat disukai untuk membuat furnitur dan perabotan rumah. Bahan alami ini memiliki warna dan tekstur yang sangat khas. Setiap kayu pun memiliki karakter yang berbeda, dan ini menjadi daya tariknya. Keindahan kayu ini akan menjadi lebih menawan ketika ukiran juga ditambahkan di permukaan kayu ini. Namun, furnitur yang terbuat dari kayu bukan saja indah, tapi ada risiko yang perlu diwaspadai. Salah satu yang utama adalah adanya bahaya rayap. Serangga yang satu ini sangat senang hidup di dalam serat kayu, dan mereka bisa melakukan kerusakan yang sangat parah di permukaan dan area serat kayu.

Tentu saja, hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Serangga perusak kayu ini bisa muncul dan masuk ke dalam rumah dengan berbagai cara, dan perabotan berbahan dasar kayu akan menjadi target utama dari serangga ini. Untuk itu, adanya metode atau cara mengusir serta membasmi rayap di kayu sangatlah dibutuhkan. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, dan semua cara ini bisa serta patut dicoba.

Sebelum itu, ada baiknya bila karakter rayap ini diketahui. Binatang kecil ini hidup di area lembab sebagaimana serangga pada umumnya. Ruangan dan area dengan tingkat kelembapan tinggi menjadi habitat yang tepat, dan adanya kayu di sekitar area tersebut menjadikan lokasi sempurna bagi binatang ini. Oleh karena itu, sebenarnya adanya rayap ini bisa dicegah selama kayu tersebut tidak berada di area yang lembab. Untuk kayu yang ada di luar ruangan, hal ini menjadi tugas yang tidak mudah. Namun, mengatasi masalah rayap pada perabot serta furnitur kayu tidaklah terlalu sulit.

Untuk kayu dan perabot yang ada di luar rumah, ada baiknya bila sebelum disimpan, lapisan anti rayap diberikan di permukaan kayu tersebut. Hal ini sangat efektif untuk mencegah rayap agar datang dan merusak kayu tersebut. Selain itu, pengecekan secara berkala juga perlu dilakukan untuk memastikan tidak adanya peluang bagi serangga ini untuk datang dan merusak. Selain itu, kayu dan perabot yang ada di luar rumah bisa sesekali dijemur di luar ruangan. Ruang penyimpanan pun bisa diatur agar tidak terlalu pengap dan lembab, karena ini bisa memberikan habitat yang cocok bagi rayap untuk berkembang biak.

Untuk perabot serta furnitur kayu yang ada di dalam rumah, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Pada umumnya, kayu yang digunakan biasanya sudah mengalami proses pengeringan untuk mengurangi kelembapan pada bahan furnitur tersebut. Namun, terkadang kadar kelembapan yang ada di dalam ruangan itulah yang akhirnya mempengaruhi keadaan furnitur. Untuk itu, ruangan di dalam rumah sebaiknya memiliki ventilasi yang cukup. Hal ini sangatlah diperlukan agar sirkulasi udara bisa terjadi. Dengan demikian, temperatur serta kelembapan di dalam ruangan bisa menjadi lebih baik.

Selain itu, penggunaan lapisan anti rayap pun bisa digunakan. Umumnya, proses finishing saat pembuatan furnitur tersebut sudah menerapkan hal ini. Namun, bila masih ada rayap, proses ini bisa dilakukan kembali. Adanya area yang berlubang atau rusak juga bisa ditambal dan ditutup kembali dengan dempul serta wood filler. Selain untuk mencegah rayap untuk kembali masuk, hal ini juga sangat berguna untuk mengembalikan penampilan menarik dari furnitur yang sebelumnya sudah dirusak oleh rayap.

Untuk membunuh dan membasmi rayap itu sendiri, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Obat anti rayap dan anti serangga bisa menjadi pilihan pertama. Sesuai namanya, obat ini mampu membunuh serangga seperti rayap serta binatang lainnya, agar mereka tidak lagi merusak dan menyebabkan masalah di lingkungan rumah, khususnya di kayu yang ada di rumah. ย Obat seperti ini memiliki beragam jenis, namun masing-masing memiliki fungsi yang relatif sama, sehingga produk atau jenis apapun bisa digunakan, khususnya yang memang dibuat untuk membasmi rayap.

Lalu, kapur barus juga bisa digunakan. Ini bukanlah kapur biasa karena bahan kimia yang digunakan memiliki efek untuk membasmi dan mencegah serangga. Salah satu zat tersebut adalah naftalena. Zat ini bisa ditemukan di hampir semua produk kapur barus, dan zat kimia ini pula yang bisa membasmi para rayap yang ada di kayu. Kapur barus bisa disisipkan atau diletakkan di tempat penyimpanan kayu. Selain itu, kapur barusย  juga bisa disebar di beberapa area rumah, termasuk juga di dalam furnitur. Cara ini sangat berguna sebagai upaya pemberantasan serta pencegahan rayap.

Untuk bahan alami, air beras bisa digunakan sebagai solusi alternatif. Air yang didapatkan setelah proses pembersihan dan pencucian beras sebelum dimasak ini bisa sangat berguna untuk membasmi para rayap. Di dalam air beras ini, terdapat zat alami yang tidak disukai oleh para rayap. Untuk penggunaannya, air ini bisa disemprotkan ke area yang terdapat rayap. Walau cara ini efektif, tidak disarankan untuk menyiramkan air ini ke area kayu karena hal ini justru membuat kayu menjadi basah dan lembab. Karena itu, menyemprotkannya bisa menjadi solusi penggunaan yang tepat.

Sekiranya cara ini masih dirasa kurang ampuh, ada baiknya bila mengggunakan anti rayap dan jasa pembasmi rayap. Jasa seperti ini menjadi solusi terbaik ketika rayap yang ada di kayu dan sekitar rumah sudah terlalu sulit diatasi dengan metode di atas. Tim dari penyedia jasa ini akan bertindak cepat dalam mengatasi semua rayap yang ada, sehingga kayu dan perabotan lainnya pun terhindar dari bahaya rayap.

Scroll to top