Ditengah cuaca yang tidak menentu tentunya banyak orang yang mengalami flu, batuk dan pilek, salah satunya adalah balita. Kondisi balita yang masih rentan mudah untuk mengalami flu, batuk dan pilek. Ketika flu, batuk dan pilek tersebut menyerang balita, tentu membuat balita rewel. Hal tersebut dikarenakan terdapat dahak yang sulit dikeluarkan sehingga membuat balita tidak nyaman.

Dahak pada bayi dapat mengganggu jalannya pernapasan dan proses menelan air susu atau minuman lainnya. Si kecil yang rewel akibat dahak tentunya akan membuat Anda sebagai orang tua tak tega melihatnya. Oleh karena itu Anda sebagai orang tua harus membantu si kecil mengeluarkan dahak yang mengganggunya. Berikut cara mengeluarkan dahak pada balita

  • Menghirup Uap

Cara mengeluarkan dahak pada balita yang pertama menghirup uap. Anda bisa menyiapkan sebuah baskom yang berisikan air hangat dengan campuran beberapa tetes minyak kayu putih. Kemudian, letakkan baskom tersebut di tempat tidur si kecil agar si kecil bisa menghirup uap tersebut.

 

  • Posisi Tidur

Saat tidur posisikan kepala si kecil lebih tinggi dari badan agar lendir mudah dikeluarkan. Selain itu, posisi tidur tengkurap juga bagus di lakukan, karena posisi saluran pernapasan si kecil jadi lebih rendah hingga lendir pun akan keluar kea rah mulut. Sehingga dahak pun akan lebih mudah keluar.

 

  • Menghangatkan tubuh

Menghangatkan tubuh si kecil dapat membantu melegakan saluran pernapasan yang tersumbat akibat dahak menumpuk. Anda dapat melakukannya dengan cara memberikan minuman yang hangat. Tidak hanya dehidrasi, mengoncumsi banyak cairan juga dapat membantu si kecil mengeluarkan dahak.Selain itu, Anda juga memandikan si kecil dengan menggunakan air hangat.

Selain cara di atas, Anda juga dapat membantu si kecil mengeluarkan dahak dengan cara memanfaatkan alat pelembap ruangan. Jika dengan cara tersebut si kecil belum sembuh juga, sebaiknya Anda membawa si kecil ke dokter supaya diberikan penanganan secepatnya. Dahak sendiri adalah bentuk pertahanan tubuh. Saat ada bibit penyakit masuk akan dilumpuhkan dengan dahak tersebut.

 

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Balita yang Dapat Anda Lakukan Sendiri Dirumah
Scroll to top