Begini Cara Memulai Usaha di Pedesaan Agar Sukses

 

 

Tinggal di kampung atau pedesaan tidak menjadi masalah bagi Anda yang ingin membangun bisnis atau usaha di bidang apapun. Ada banyak cara memulai usaha yang bisa dilakukan sampai berhasil sukses dan meraup keuntungan yang besar. Lingkungan desa atau kampung itu sendiri juga memiliki banyak sekali potensi yang bisa digali dan dikembangkan menjadi bisnis.

Bahkan, Anda juga bisa memulai usaha kecil-kecilan di rumah sendiri tanpa harus menyewa tempat atau toko. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengatur segala aktivitas sambil terus melakukan kegiatan di rumah. Dari segi waktu dan aktivitas menjadi lebih fleksibel karena bisa disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari Anda sendiri.

Cara Memulai Usaha Sukses di Pedesaan

Biasanya, anak-anak dari kampung atau desa akan merantau kuliah dan bekerja di luar kota. Sangat sedikit anak muda yang tertarik untuk menjalankan usaha di kampung halaman dan tergerak untuk memajukan perekonomian di pedesaan. Beberapa dari mereka merasa malas atau tidak yakin karena biasanya masyarakat di pedesaan cenderung sulit diajak berubah.

Padahal, lingkungan pedesaan adalah sebuah wadah kosong yang hanya perlu diisi dengan ide-ide kreatif dan inovatif dari kalangan muda. Nah, selanjutnya mari Kita bahas tentang cara memulai usaha sukses di pedesaan, antara lain:

  1. Menentukan Ide Bisnis

Cara memulai usaha yang pertama yaitu menentukan ide bisnis apa yang akan dijalankan dengan matang. Anda bisa berdiskusi dengan keluarga atau kerabat dekat untuk meminta dukungan dan saran terbaik untuk rencana-rencana bisnis Anda. jangan lupa juga untuk melakukan riset pasar untuk mengetahui produk/jasa apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat.

  1. Menyediakan Modal dan Perlengkapan

Setelah itu, Anda bisa memperhitungkan perkiraan modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha tersebut. Modal itu sendiri bisa dari uang pribadi, patungan/kerja sama maupun investor. Selain modal uang, Anda juga membutuhkan perlengkapan lainnya dan menentukan lokasi yang akan dijadikan sebagai pusat bisnis Anda.

  1. Bermitra dengan Orang Terdekat

Cara memulai usaha selanjutnya yaitu dengan menambah personel atau karyawan/pegawai yang akan membantu Anda dalam mengurus bisnis. Anda bisa mengajak keluarga, kerabat atau tetangga dekat untuk ikut berpartisipasi dalam bisnis dan melakukan kerja sama. Selain dapat mengurangi pengangguran dan menyediakan lapangan pekerjaan, Anda juga lebih terbantu dalam mengurus bisnis.

  1. Pengelolaan Bisnis yang Tepat

Selain itu, Anda juga harus belajar lebih banyak tentang ilmu dan wawasan yang berhubungan dengan bisnis. Tak hanya itu, belajar cara mengelola bisnis dan mengatur keuangan juga jadi poin penting yang harus dilakukan. Pengelolaan bisnis dan keuangan yang baik akan membantu perkembangan bisnis Anda.

Jenis-Jenis Usaha Mikro Terpopuler di Desa

Dalam menjalankan bisnis apapun, sebaiknya dilakukan sesuai passion dan kemampuan yang dimiliki agar bisnis bisa lebih optimal. Jangan lupa untuk menentukan visi dan misi usaha dengan jelas untuk membantu Anda lebih fokus menjalankan bisnis. Nah, jika tertarik untuk membangun bisnis/usaha di pedesaan, beberapa jenis usaha di bawah ini mungkin bisa jadi pilihannya, antara lain:

  • Jualan Sembako : produk sembako cukup laris di lingkungan pedesaan karena sangat diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari
  • POM Bensin Mini : bisnis yang cukup populer dan sangat menguntungkan karena umumnya di lingkungan pedesaan jauh dari POM bensin
  • Jual Pulsa dan Paket Internet : bisnis lama yang masih populer hingga kini karena pulsa/internet sudah menjadi kebutuhan utama baik di kota maupun desa
  • Warung Kopi dan Minuman : bisnis populer yang sedang tren dalam beberapa tahun terakhir, khususnya di kalangan anak muda
  • Usaha Peternakan, Perikanan dan Pertanian : cukup mudah dilakukan karena lingkungan pedesaan yang mendukung dan bisa menghasilkan keuntungan yang besar
  • Menjual Produk UKM : memanfaatkan produk kerajinan atau buatan penduduk lokal yang unik dan khas

Bagaimana dengan Anda. bisnis apa yang kira-kira akan Anda lakukan di lingkungan pedesaan? Bisnis apapun yang dijalankan, Anda perlu menerapkan cara memulai usaha yang telah disebutkan di atas agar sukses dan membuahkan hasil. Jangan pernah bosan untuk melakukan promosi demi kelancaran bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menunjang kualitas bisnis dengan membuat papan nama atau billboard di depan toko/bisnis rumahan Anda. Anda juga bisa memesan kepada jasa pembuatan huruf timbul yang bisa ditulis dengan nama brand bisnis yang Anda jalankan. Dengan begitu, tampilan toko/bisnis rumahan akan terlihat lebih profesional dan konsumen semakin percaya untuk menggunakan produk/jasa Anda.