Asam mefenamat adalah salah satu jenis obat yang mampu membantu mengatasi demam dan nyeri, namun bolehkah ibu hamil minum asam mefenamat? Cara kerja asam mefenamat dengan cara menurunkan kadar prostaglandin yaitu suatu zat yang menyerupai hormon yang dapat meneybabkan nyeri dan peradangan dalam tubuh. Meskipun sudah terbukti efektif dalam mengusir demam dan nyeri, alangkah baiknya jika Anda tidak mengonsumsi asam mefenamat dalam masa mengandung, kecuali atas anjuran dari dokter.

Lalu bolehkah ibu hamil minum asam mefenamat? Perlu Anda pahami, bahwa asam mefenamat masuk dalam obat kategori C. Hal ini berarti bisa menimbulkan efek samping pada janin.             Penggunaan obat asam mefenamat sangat berbahaya apabila kehamilan sudah memasuki trimester ketiga. Hal ini dikarenakan pembuluh darah pada plasenta menutup lebih cepat. Pembuluh darah berperan untuk menyalurkan nutrisi dan oksigen ke dalam rahim untuk janin. apabila hal ini terjadi maka bisa memicu persalinan premature. Obat asam mefenamat juga dapat mengganggu kesuburan wanita yang sedang merencanakan kehamilan.

Ada alternatif lain yang bisa digunakan sebagai pengganti obat asam mefenamat, yaitu paracetamol. Paracematol bisa dimanfaatkan untuk meredakan rasa nyeri, demam serta peradangan. Paracetamol aman dikonsumsi di segala usia.

Meskipun demikian, alangkah baiknya jika mengonsumsi paracetamol dalam jangka pendek dengan dosis yang sekecil mungkin. Nah, paracetamol yang boleh dikonsumsi pada ibu hamil bukan paracetamol yang memiliki kandungan campuran cafein. Paracetamol yang bisa dikonsumsi ialah paracetamol yang murni. Paracetamol yang tercampur dengan cafein dapat membahayakan janin.

Apabila mengonsumsi paracetamol dengan dosis yang tinggi, campuran cafein yang terkandung dalam paracetamol bisa menyebabkan janin mempunyai berat badan yang rendah bahkan bisa prematur, ibu hamil bisa mengalami, ibu hamil bisa mengalami gengguan kesehatan pasca melahirkan dan bahkan bisa memicu terjadinya keguguran janin.

Mengonsumsi paracetamol memang lebih aman dari pada mengonsumi asam mefenamat pada ibu hamil. Jika Anda ragu menggunakan paracetamol alangkah bainya konsultasikan dengan dokter. Jadi pertanyaan Anda tentangbolehkah ibu hamil minum asam mefenamat terjawab pada ulasan diatas.

 

Bolehkah Ibu Hamil Minum Asam Mefenamat
Scroll to top