Usia 6 bulan merupakan salah satu tahap perkembangan bayi yang paling penting. Pada usia tersebut, biasanya bayi sudah dapat diberikan Makanan Pendamping Asi (MPASI). Hal ini dilakukan untuk mendukung tumbuh kembang bayi yang mulai aktif dan membutuhkan asupan nutrisi yang beragam. Ada banyak jenis bahan makanan yang bisa dibuat menjadi MPASI. Salah satunya adalah seledri. Bahan makanan ini bisa digunakan sebagai salah satu bahan pelengkap saat menyajikan makanan bagi bayi seperti bubur dan makanan lain. Selain itu, daun seledri juga memiliki beberapa nutrisi yang baik bagi tumbuh kembang bayi seperti vitamin A, B1, B2, B6, dan C. Selain itu, daun seledri juga dilengkapi dengan beberapa kandungan nutrisi lain seperti mineral, asam folat, dan asam amino essensial. Kandungan nutrisi tersebut dapat bermanfaat bagi perkembangan otak dan tubuh bayi.

Ada banyak manfaat daun seledri untuk bayi. Salah satunya adalah daun seledri dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Mengapa? Kandungan vitamin C pada daun seledri sangat baik untuk meningkatkan system imunitas pada bayi. Sehingga, daya tahan tubuh bayi akan menjadi lebih baik. Vitamin A pada daun seledri juga sangat baik bagi kesehatan mata bayi. Sehingga, bayi yang mengonsumsi daun seledri sebagai salah satu makanan pelengkap MPASI akan mempunyai kesehatan mata yang lebih baik. Daun seledri juga memiliki nutrisi elektrolit. Nutrisi tersebut dapat digunakan oleh tubuh untuk menjaga persentase cairan dalam tubuh. Sehingga, bayi tidak akan mudah terserang penyakit dehidrasi.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, daun seledri juga mengandung beberapa mineral yang dibutuhkan. Salah satunya adalah kandungan kalsium yang berguna bagi kesehatan gigi dan tulang bayi. Selain itu, nutrisi lain seperti kombinasi vitamin A dan zat besi yang ada pada daun seledri dapat membantu anak untuk tumbuh kembang lebih baik. Daun seledri juga bisa digunakan untuk mencerdaskan dan mempercepat perkembangan otak bayi. Sehingga, bayi yang mengonsumsi daun seledri dapat tumbuh lebih cerdas.

 

 

Apa Saja Manfaat Seledri untuk Bayi?
Scroll to top