Mukjizat dan Sejarah Singkat Nabi Isa AS

Dalam agama Islam, umat muslim diwajibkan untuk percaya akan keberadaan Nabi. Ada 25 nabi yang perlu diyakini oleh umat Islam, salah satunya adalah Nabi Isa AS. Di dalam Al Quran, ada banyak suratan yang mengisahkan tentang kehidupan nabi Isa, mulai dari kelahiran, mukjizat dan kisah ketabahan yang dimilikinya. Nabi Isa AS sendiri dikenal sebagai Ulul Azmi karena keteguhan dan ketabahan hati yang dimilikinya. Dengan banyaknya cobaan yang ia terima, Allah SWT menganugerahkan mukjizat kepadanya. Untuk mengetahui mukjizat dan sejarah kehidupan Nabi Isa AS, simak penjelasannya di bawah ini.

Sejarah Singkat Nabi Isa AS Sejak Dilahirkan

Sebagai salah satu utusan Allah, Nabi Isa diutus untuk berhadapan dengan Bani Israil. Berbeda dengan para Nabi lainnya, ia merupakan seorang Nabi yang lahir tanpa sosok ayah. Nabi yang dilahirkan pada tahun 622 SM ini telah menjadi sosok yang istimewa sebelum dilahirkan. Pada saat itu, Maryam yang merupakan ibu dari Nabi Isa menyendiri di ruang ibadah dan menjauhkan dirinya dari keluarga. Allah mengutus malaikat Jibril guna bertemu dengan Maryam. Malaikat Jibril mengatakan bahwa Allah akan menganugerahkan seorang putra kepadanya. Maryam tidak percaya kala itu karena tidak ada seorang pun pria yang pernah menyentuhnya. Karena ia mengandung tanpa sosok suami, Maryam sering digunjingkan oleh orang lain. Bahkan ada yang menuduhnya sebagai pezina.

Menurut hasana, Nabi Isa dapat berbicara meskipun ia masih seorang bayi. Atas izin dari Allah, Nabi Isa menjelaskan kepada mereka yang menghina ibunya bahwa ia merupakan seorang Nabi dan telah diberikan kitab Injil oleh Allah SWT. Allah telah memerintahkan kepadanya untuk membayar zakat dan bersembahyang seumur hidup. Sang Nabi akan berbakti kepada ibunya dan tidak akan menjadi sosok yang sombong. Nabi Isa kemudian diangkat menjadi seorang Nabi pada ketika berusia 30 tahun. Di dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan oleh Allah, ia dianugerahi dengan mukjizat.

Mukjizat Nabi Isa AS

Dapat berbicara ketika masih bayi merupakan salah satu mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Isa. Allah kemudian terus memberikan mukjizat lainnya kepada Nabi Isa dalam menjalankan tugasnya sebagai utusan Allah. Ketika Nabi berusia 5 tahun, ia dapat menghidupkan burung yang terbuat dari tanah liat. Tidak hanya itu, Allah memberikan kuasa kepada Nabi Isa agar dapat berjalan di permukaan air. Atas izin Allah SWT, sang Nabi juga dapat menyembuhkan orang buta sehingga mampu melihat kembali. Ia bahkan memiliki kemampuan untuk menghidupkan orang-orang yang telah meninggal. Ia menjelaskan bahwa kemampuan yang dimilikinya merupakan izin Allah dan tidak berasal dari dirinya sendiri. Meskipun demikian, orang-orang Yahudi tidak mempercayainya dan terus melakukan pertentangan atas dakwah yang ia lakukan.