Mengenal Puisi Karya Ws Rendra Lebih Dalam

Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak kalian untuk lebih memahami dan mengenal Puisi Karya Ws Rendra dengan lebih mendalam yang pembahasannya kami kutip dari website https://cimacnoticias.com/.

Biografi WS Rendra

Ws Rendra, seorang sastrawan yang sudah terkenal sejak jaman dahulu, dimana beliau menciptakan berbagai macam sajak atau puisi yang begitu menyentuh hati dan jiwa. Beliau lahir pada tahun 1935 pada tanggal 7 november di Solo.

Karya sastra yang sudah beliau ciptakan sudah tidak bisa terhitung banyaknya, mulai dari puisi, cerpen, drama, dan berbagai macam esai sastra yang sudah banyak terpampang di banyak media massa.

Universitas Gajah Mada (UGM) menjadi tempat dimana beliau mengenyam pendidikan tinggi, dan dari universitas itulah beliau mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa. Julugan yang sangat terkenal dari beliau ini adalah Burung Merak.

Siapa Ws Rendra?

Sebagai manusia biasa Ws rendra dilahirkan di keluarga yang erat kaitannya dengan sastra, tentu saja beliau tidak akan jauh untuk menuruni apa yang sudah keluarganya lakukan saat itu, dimana bapak dari Ws rendra yaitu R. Cyprianus Sugeng Brotoatmodjo merupakan seorang dramawan, sedangkan ibunya Raden Ayu Catharina Ismadillah merupakan seorang penari serimpi di keraton Solo.

Histori Pendidikan

Selain di Universitas Gajah Mada, beliau memiliki jejak pendidikan dari TK Marsudirini yang dipunyai oleh yayasan Kanisius, SD sampai dengan SMA di SMA Pangudi Luhur Santo Yosef yang merupakan SMA Katolik, dan Universitas Gajah Mada dengan mengambil jurusan Sastra Inggris, fakultas Sastra dan Kebudayaan.

Kehidupan WS Rendra

Kehidupan Ws rendra sebagai sastrawan sudah beliau mulai pada saat masih di bangku SMP, dimana saat itu beliau sudah bisa membuat berbagai karya puisi dan drama, dan karya beliau yang pertama berjudul Kaki Palsu merupakan skenario drama pertama beliau.

Mengenal Puisi Karya Ws Rendra Lebih Dalam

Sedangkan untuk puisi yang beliau tulis diantaranya Kisah, Seni, Basis, Konfrontasi, dan Siasat Baru, sudah menghiasi berbagai media massa cetak pada tahun 1950an. Karya sastra yang telah diciptakan oleh Ws Rendra sendiri sampai saat ini tidak hanya terkenal di Indonesia saja, namun sudah banyak karya sastranya yang terkenal sampai luar negeri seperti jepang, inggris, Belanda, Jerman, dan India.

Pada tahun 1967, Ws rendra mendirikan sebuah ruang seni untuk memamerkan dan memberikan suasana yang baru bagi indonesia, dimana ruang teater tersebut diberi nama Bengkel Teater, dimana awal mulanya Bengkel Teater ini didirikan di Yogyakarta, namun karena semakin sulitnya melakukan pertunjukan karya sastra, maka di tahun 1977 Ws Rendra memindahkan Bengkel Teater ini ke Jakarta, lebih tepatnya di Kota Depok, dimana Bengkel ini didirikan di atas tanah seluas 3 hektar, dan tidak hanya berisikan ruang teater saja namun rumah pribadi Rendra dan keluarganya pun berada di dalam area ruang teater tersebut.

 

Karena banyaknya ciptaan karya sastra yang sudah diciptakan oleh Ws Rendra, tak pelak banyak penghargaan yang sudah diterimanya baik nasional maupun inter nasional, dimana beberapa penghargaan yang sudah pernah beliau terima antara lain Hadiah Sastra Nasional BMKN, Anugerah Seni dari Pemerintah Republik Indonesia, Hadiah Akademi Jakarta, Penghargaan Adam Malik, The S.E.A. Write Award, dan juga Penghargaan Achmad Bakri.

Berikut ini merupakan beberapa karya sastra yang sudah pernah diciptakan oleh Ws Rendra dan sudah pernah dimainkan atau sudah pernah dipopulerkan, ada karya sastra berupa drama dan puisi yang sangat terkenal yang diciptakan oleh beliau, diantaranya

Karya Sastra Drama WS Rendra

  1. Karya William Shakespeare dengan judul Hamlet
  2. Karya William Shakespeare dengan judul Macbeth
  3. Oedipus Sang Raja terjemahan dari karya Sophokles
  4. Lysistrata
  5. Odipus di Kolonus
  6. Antigone
  7. Kasidah Barzanji
  8. Lingkaran Kapur Putih
  9. Panembahan Reso
  10. Kisah Perjuangan Suku Naga
  11. Sobrat
  12. Mastodon dan Burung Kondor
  13. Shalawat Barzanji
  14. Bib Bob Rambate Rate Rata
  15. Orang-orang di Tikungan Jalan
  16. Selamatan Anak Cucu Sulaiman
  17. SEKDA

Karya Sastra Puisi WS Rendra

  1. Rendra: Ballads and Blues Poem
  2. State of Emergency
  3. Do’a untuk Anak-Cucu
  4. Ballada Orang-orang Tercinta
  5. Blues untuk Bonnie
  6. Empat Kumpulan Sajak
  7. Sajak-sajak Sepatu Tua
  8. Mencari Bapak
  9. Potret Pembangunan Dalam Puisi
  10. Disebabkan oleh Angin
  11. Orang Orang Rangkasbitung
  12. Perjalanan Bu Aminah
  13. Nyanyian Orang Urakan
  14. Pamphleten van een Dichter

Sebenarnya masih banyak lagi karya sastra yang telah Ws Rendra siptakan, dan beberapa diantaranya sudah masuk kedalam salah satu materi di pembelajaran bahasa indonesia untuk tingkat SMP dan SMA, dimana salah satu judul puisi yang masuk kedalam materi mata pelajaran di sekolahan yaitu puisi yang berjudul serenada hijau, dan masih banyak lagi yang sudah banyak karyanya yang dijadikan materi pembelajaran di sekolah.

Karya sastra puisi yang bertemakan percintaan lah yang paling banyaj disukai oleh para anak remaja di tahun 80 dan 90an, dan itulah yang membuat karya sastra puisi menjadi populer di berbagai media massa cetak saat itu.

Itulah beberapa kilasan mengenai siapa itu Ws Rendra dari kelahiran, kehidupan pribadi, sampai beberapa hasil karya sastra yang sudah di ciptakan beliau.