Cara Merawat Dan Harga Burung Hantu Jinak

 

Burung hantu dikelompokkan menjadi anggota ordo Strigiformes. Burung ini merupakan hewan karnivora dan termasuk hewan nokturnal yang artinya aktif di malam hari.terdapat 222 spesies jenis burung hantu yang tersebar di seluruh dunia kecuali Antartika karena iklimnya yang sangat dingin. 54 jenis diantarnya terdapat di Indonesia bahkan menjadi burung endemik.

Di negara bagian barat, burung hantu dianggap sebagai simbol kebijaksanaan. Namun lain halnya dengan Indonesia. Di Indonesia sendiri burung hantu dianggap sebagau pertanda maut atau membawa kabar buruk makanya dinamakan burung hantu. Terkecuali di pulau jawa karena orang jawa menamakan burung ini dengan sebutan manuk dares.

Jika Anda baru memelihara atau ingin mencoba memelihara burung hantu. Terdapat beberapa jenis burung hantu jinak yang dapat Anda pelihara. Jenis-jenis tersebut diantaranya burung hantu salju, celepuk, tyto alba, bubo, dan beluk ketupa. Harga burung hantu jinak sendiri dibanderol dengan harga antara Rp.80.000-Rp.1.000.000 per ekor.

Harga burung hantu jinak beragam tergantung akan kondisi dan jenis burung hantu. Anda dapat membeli burung hantu ini secara online atau di pasar burung atau pasar hewan. Cara merawat burung hantu juga cukup mudah. Cara merawat burung hantu agar cepat jinak diantaranya:

  • Berikan nama panggilan untuk burung hantu Anda

Sebaiknya Anda membeli burung hantu yang masih anakan agar mudah menjinakkannya. Sapalah burung hantu Anda sesering mungkin. Panggil burung hantu Anda saat akan memberi makanan burung. Hal tersebut akan membuat burung hantu percaya kepada Anda dan menjadi jinak.

 

  • Sediakan tempat bertengger untuk burung

Sebaiknya jangan masukkan burung Anda dalam sangkar burung jenis lainnya. Anda dapat membuat tempat bertengger burung Anda dan tali panjang untuk nantinya diikatkan pada kakinya. Jika Anda ingin menaruh dalam kandang, disarankan buatlah kandang yang lumayan besar untuk burung hantu Anda agar burung hantu Anda tidak stress.

 

  • Mandikan burung di pagi hari

Usahakan Anda memandikan burung hantu antara jam 7-8 pagi dengan cara disemprot. Selain itu gunakan juga sampo anti kutu.

Jangan pernah membuat burung hantu beraktifitas di pagi hari. Anda dapat melatih burung hantu Anda di sore atau malam hari. Demikian ulasan mengenai harga burung hantu jinak dan cara merawatnya.

 

Scroll to top