5 Manfaat Daun sirih hijau Jangan Dianggap Remeh

Kw : Daun sirih hijau

 

Berbicara tentang daun sirih pasti kamu langsung membayangkan saat kecil dulu lagi mimisan. Ya daun sirih memang yang dulu diberikan ibumu untuk menyumbat lubang hidung agar darah tidak terus mengalir. Namun tahukah kalau tanaman ini memiliki banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan setelah mengonsumsi tanaman ini? Secara ilmiah kandungan antioksidan, antibakteri, minyak atsiri yang tinggi di dalamnya bisa difungsikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menghilangkan bakteri jahat di tubuh. Berikut adalah 5 manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari daun sirih

  1. Menangkal kanker

Antioksidan pada sirih dipercaya bisa menjadi penangkap radikal bebas yang ada dalam tubuh.Hal ini bisa membantu untuk menghambat pertumbuhan pada sel kanker sehingga bisa dijadikan sebagai upaya pencegahan. Kandungan phytochemical pada tanaman ini juga dipercaya bisa melawn sel kanker dalam tubuh.

  1. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Jika dibiarkan kolesterol akan meningkatkan resiko penyakit stroke dan jantung. Daun ini bisa membantu untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kolesterol yang tinggii akan dipindahkan dari plasma ke hati yang kemudian akan dihilangkan dengan asam empedu.

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Dengan mengompreskan daun sirih pada luka, maka dipastikan luka lebih cepat sembuh dan menutup. Hal itu dikarenakan kandungan aktioksidan tinggi yang mampu menyembuhkan stres oksidatif. Stres oksidatif adalah radikal bebas yang dapat menunda penyembuhan luka.

  1. Menjaga kesehatan mulut

Masalah di mulut seringkali bukan hanya menyerang bau mulut, melainkan juga menyerang gigi dan besi. Kandungan minyak atsiri dan anti bakteri pada sirih yang nantinya bertugas untuk menghilangkan semua masalah tersebut. Minyak atsiri akan memberikan aroma wangi dan segar pada mulut sedangkan antibakteri akan membasmi bakteri yang menumpuk pada mulut.

  1. Baik untuk saluran pencernaan.

Masalah pencernaan seringkali timbul karena tingkat PH yang tidak normal pada perut. Antioksidan pada sirih yang nantinya akan memebersihkan radikal bebas pada tubuh sehingga bisa menormalkan PH perut yang bisa menyembuhkan masalah pencernaan.

 

Scroll to top