Mengenal Lebih Jauh Tentang Program Keluarga Harapan

 

Negara berkembang seperti Indonesia termasuk salah satu negara dengan tingkat masyarakat menengah ke bawah yang masih cukup tinggi. Hal ini membuat banyak hal perlu dipertimbangkan untuk menanggulangi kemiskinan yang berimbas pada kesehatan, dan tentunya kualitas dalam hidup setiap masyarakat. Berbagai upaya dilakukan, salah satunya adalah adalah dengan mengeluarkan PKH.

PKH yang merupakan singkatan dari Program Keluarga Harapan sudah ada di beberapa negara berkembang lain. Cara ini sering disebut dengan Conditional Cash Transfer atau yang juga disingkat CCT di beberapa negara. Perlu diakui, hal ini berkembang cukup baik untuk menanggulangi dampak kemiskinan seperti kelaparan dan kesehatan yang kurang di beberapa negara.

Selain pendanaan, PKH tentu tidak diam saja untuk membangun kesejahteraan yang lebih baik, PKH juga memberikan beberapa program untuk KM atau singkatan dari Keluarga Miskin yang membutuhkan pelatihan dan informasi tambahan seperti informasi layanan kesehatan yang tepat, pendidikan, perawatan sehari-hari hingga makanan yang harus tetap terjaga dengan baik.

Sebenarnya telah banyak Pemberitahuan yang diberikan untuk keluarga yang memang mendapatkan akses atau layanan PKH. Namun terkadang, informasi yang minim membuat masyarakat yang membutuhkan akhirnya kesulitan untuk mendaftar. Berikut ini beberapa kriteria untuk Anda yang membutuhkan info terkait penerima kartu PKH.

Komponen kesehatan adalah hal yang pertama kali akan dilihat dari pihak penerima atau administrasi PKH. Biasanya ada kondisi yang diprioritaskan yaitu untuk ibu hamil atau menyusui, serta anak dengan usia sampai enam tahun yang tentunya membutuhkan perawatan dan kesehatan yang terjaga dengan baik.

  • Pendidikan

Pendidikan adalah komponen yang tidak kalah pentingnya selain kesehatan. Pendidikan memiliki fungsi mencerdaskan anak bangsa, dan untuk mendapatkan masa depan yang tentunya lebih baik. Maka dari itu PKH memberikan prioritas untuk layanan pendidikan mulai SD, SMP, dan SMK dengan maksud sekolah minimal 12 tahun dengan usia maksimal 21 tahun.

  • Kesejahteraan Sosial

Apabila Anda mengetahui keluarga atau seseorang dengan usia di atas 60 tahun serta penyandang disabilitas, maka akan mendapatkan kolom prioritas. Terkhusus untuk penyandang disabilitas dengan kasus yang berat. Hal ini tentu setelah melihat kondisi sosial di beberapa daerah terkait kesejahteraan sosial dari aspek tersebut.

PKH sendiri memiliki bermacam-macam pendanaan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Normalnya, biaya yang diberikan mulai dari Rp.550.000,- hingga Rp.2.400.000,- dihitung berdasarkan kondisi dalam keluarga tersebut. Tentunya Anda juga tidak perlu khawatir karena pemerintah membatasi pemberian PKH disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang di dalam keluarga tersebut.

Hal yang paling penting adalah, di masa pandemi  atau mungkin beberapa musibah di daerah-daerah yang terdampak, program keluarga harapan sangatlah dibutuhkan. Beberapa kebijakan baru diberikan mulai dari bantuan dana setiap bulannya, dan tentu saja beberapa layanan yang masih dikembangkan dengan baik. Harapannya segala kebutuhan berlangsung dengan normal.

Hal yang perlu diperhatikan apabila Anda memiliki kenalan yang membutuhkan, segera laporkan ke dinas sosial terdekat atau melalui informasi kementerian sosial. Meskipun begitu, biasanya juga beberapa aparat desa telah diberitahukan untuk melakukan sensus dan memberikan bantuan sesuai dengan kategori yang ditentukan oleh pemerintah pusat.

Adapun proses dari pendaftaran PKH memiliki beberapa tahapan sebagai berikut:

  • Tahap verifikasi data adalah hal yang sangat diperlukan oleh petugas sensus. Biasanya, ada petugas yang akan melihat secara langsung kondisi keluarga dan memutuskan apakah keluarga tersebut bisa mendapatkan bantuan PKH.
  • Terdapat kewajiban atau tahap yang harus dilakukan dan telah diberitahukan sebelumnya. Apabila keluarga tersebut tidak bertanggungjawab dengan program yang diberikan, maka pihak administrasi bisa memotong dana yang seharusnya diberikan. Hal ini tentu harus menjadi perhatian bagi penerima PKH.
  • Peserta PKH biasanya akan mendapatkan informasi terkait pendidikan dan tentunya kesehatan. Maka dari itu diharapkan seluruh peserta dapat hadir saat materi atau layanan diberikan agar program PKH berjalan dengan lancar.

Anda tidak perlu khawatir, karena setiap layanan yang diberikan selalu melalui Pemberitahuan sebelumnya. Apabila terjadi kesalahan terkait informasi, tentu tidak secara langsung program Anda akan dihentikan karena pihak administrasi akan selalu memberikan kroscek dengan penerima bantuan ini.

Program ini sama seperti program lainnya, memiliki goals atau capaian yang harus dipenuhi. Capaian ini mencakup target millennium development, dimana suatu negara mengalami penurunan untuk tingkat kemiskinan, dan maju di bidang kesehatan dan pendidikan untuk semua kalangan. Tidak heran, jika dana yang diberikan dalam program ini tergolong cukup besar.

Apabila Anda termasuk peserta KM atau mungkin termasuk dalam penyelenggara di wilayah daerah tempat Anda tinggal untuk kesukseskan PKH ini, pastikan bahwa Anda memilih sasaran yang tepat. Anda juga yang sudah terpilih harus memiliki tanggung jawab dengan layanan yang diberikan, agar tercipta tujuan program untuk Indonesia yang lebih baik.

 

Scroll to top