Inilah Klasifikasi Udang Yang Harus Kita Ketahui

Seperti halnya makhluk hidup tumbuhan, hewan pun memiliki penggolongannya tersendiri. Tak jarang, penggolongan hewan ini berguna untuk memahami asal usul hewan tersebut serta bagaimana ciri-cirinya. Tidak terkecuali si udang. Hewan laut yang kerap dijadikan seafood ini memiliki klasifikasi tersendiri sehingga terbagi menjadi beberapa jenis. Apa saja itu? Artikel ini mengulas sejumlah klasifikasi udang.

Table of Contents

1) Pengertian Udang

Udang adalah salah satu hewan yang hidup di dalam air selain ikan. Pada dasarnya, udang dapat dijumpai di beberapa blok perairan. Entah itu perairan dangkal atau dalam. Entah perairan asin atau tawar. Maka, hewan yang berasal dari kingdom animalia ini terbagi menjadi beberapa jenis berdasar ukuran serta tempat hidupnya.

2) Klasifikasi Udang

Udang adalah hewan yang berasal dari kingdom animalia dengan filum Arthropoda. Udang berada pada subfilum Crustacea, kelas Malacostraca dan ordo decapoda. Terdapat beberapa hewan yang menyerupai udang dan mereka kerap disebut sebagai udang. Adalah triops cancriformis dan triops longicaudatus, keduanya merupakan berasal dari kelompok yang tidak berhubungan sama sekali dengan udang.

2) Daur Hidup Udang

Udang pada umumnya akan bertelur saat sudah memasuki usia dewasa dan mereka menetaskan telurnya di laut. Uniknya, udang dewasa betina sekali menelurkan telur bisa sampai 1 juta telur loh! Pada telur-telur ini, setiap dalam kurun waktu 24 jam akan menetas jadi larva. Kemudian, akan lanjut ke fase kedua. Yakni memasuki fase metamorfosis udang.

Menjadi zoea yang memakan setiap ganggang liar, selang beberapa hari kemudian ia akan kembali bermetamorfosis. Namun kali ini menjadi mysis. Mysis tidak hanya memakan ganggang saja, melainkan juga memakan zooplankton. Beberapa hari kemudian mysis kembali bermetamorfosis untuk yang kesekian kalinya. Ia menjadi zooplankton.

Setelah menjadi zooplankton ia kembali bermetamorfosis untuk uang ke terakhir kalinya menjadi pascalarva. Pascalarva merupakan sebutan bagi udang yang masih muda dan beranjak dewasa. Udang ini dalam proses daur hidupnya dari telur membutuhkan waktu yang sangat cepat. Hanya 12 hari saja, mereka sudah menjadi udang seutuhnya.

Nah! guys, itulah info tentang klasifikasi udang. Semoga bermanfaat yaa.

 

Scroll to top