Apa Itu Saham Blue Chip? Ciri-Ciri dan Daftar Saham Blue Chipf

Saat memasuki dunia saham pastinya kamu akan dirasankan banyak ahli untuk memilih saham blue chip. Tetapi apa itu saham blue chip? Pastinya ini adalah pertanyaan yang ada dipikiran kamu saat ini.

Saham blue chip merupakan saham dari sebuah emiten yang mempunyai reputasi baik dari segi kualitas, keandalan dan kemampuan peroperasi yang menguntungkan diberbagai situasi ekonomi. Saham blue chip sering dikenal dengan saham lapis satu yang akan membantu peningkatan pergerakan harga IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan).

Karena emiten yang masuk dalam saham blue chip memiliki kapitalisasi pasar atau market cap yang besar. Saham yang masuk dalam kategori saham blue chip adalah perusahaan yang memiliki saham dengan kapitalisasi pasar mencapai lebih dari Rp 10 triliun.

Kebanyakan investor membeli saham blue chip adalah untuk investasi jangka panjang. Karena saham ini lebih cenderung memberikan keuntungan yang stabil untuk para investor. Karena umumnya saham blue chip bisa bertahan dalam kondisi ekonomi apapun baik pada saat peningkatan atau penurunan kondisi ekonomi negara.

Table of Contents

Ciri-Ciri Saham Blue Chip

Untuk lebih jelas pemahaman tentang saham blue chip, Melansir dari website lingkarberita, berikut ini ada beberapa ciri-ciri saham blue chip yang wajib investor saham ketahui.

1. Kinerja perusahaan bagus

Saham yang masuk dalam fist liner biasanya mempunyai laba perusahaan yang konsisten, produk yang dihasilkan berkualitas, produknya banyak dikenal dan digunakan di masyarakat luas, memiliki perkembangan perusahaan yang baik. Perusahaan juga tidak akan mudah bangkrut walaupun kondisi ekonomi sedang tidak baik.

2. Memiliki Nilai kapitalisasi besar

Nilai kapitalisasi perusahaan yang lebih dari Rp 10 triliun akan masuk dalam perusahaan atau emiten yang masuk dalam kategori saham blue chip.

3. Membagi Dividen

Umumnya perusahaan yang masuk dalam saham blue chip memiliki laba yang konsisten dalam waktu 10 tahun terakhir sehingga mereka akan membagikan deviden setiap tahunnya kepada pemegang saham. Pembagian deviden merupakan bentuk apresiasi atas dukungan investor pemegang saham dari perusahaan tersebut.

Daftar Saham Blue Chip Di Bursa Efek Indonesia Terbaru

Ada sekitar 45 perusahaan yang masuk dalam kategori saham blue chip di BEI yang masuk dalam index LQ45. Daftar saham blue chip di bursa efek indoensia akan diperbaharui selama 6 bulan sekali. Berikut ini adalah beberapa perusahaan yang masuk dalam kategori saham blue chip di Bursa Efek Indonesia :

  1. PT Bank Central Asia Tbk dengan kode saham BBCA
  2. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dengan kode saham BBRI
  3. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dengan kode saham BMRI
  4. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dengan kode saham TLKM
  5. PT Bank Jago Tbk dengan kode saham ARTO
  6. PT Astra International Tbk dengan kode saham ASII
  7. PT Unilever Indonesia Tbk dengan kode saham UNVR
  8. PT Chandra Asri Petrochemical Tbk dengan kode saham TPIA
  9. PT DCI Indonesia Tbk dengan kode saham DCII
  10. PT H.M Sampoerna Tbk dengan kode saham HMSP

Walaupun untuk bisa membeli saham yang masuk dalam kategori saham blue chip lebih mahal, tetapi harga yang kamu beli akan sesuai dengan kinerja dan return yang akan kamu dapatkan nantinya.

Sehingga saat harga saham blue chip sedang mengalami penurunan, itu adalah waktu terbaik untuk membeli saham tersebut. Tetapi saat membeli saham blue chip turun kamu juga harus melakukan analisa teknikal dan fundamental terlebih dahulu.

 

Scroll to top